Mars, Hari Ini Sangat Dekat Dengan Bumi!

access_time 10 bulan yang lalu

Fenomena ini diprediksi baru akan terjadi lagi 15 tahun mendatang

Mars akan berada pada posisi teredekatnya dengan Bumi pada hari ini (6 Oktober 2020). Fenomena serupa diprediksi baru akan terulang pada bulan September tahun 20235.

Faktanya, pada titik terdekat, planet itu hanya berjarak sekitar 38,57 juta mil atau 62,07 juta kilometer. Pendekatan terdekat planet tersebut diklaim terjadi sebelum matahari terbit pada 6 Oktober 2020.

Melansir dari Earth Sky, terkahir kali kejadian serupa juga terjadi pada tahun 2003. Kala itu, Mars berjarak 34,65 juta mil atau 55,76 km. Kondisi sangat sangat dekat mungkin akan terjadi lagi pada 28 Agustus 2287, ketika planet merah akan berada pada jarak 34,60 mil atau 55,69 juta km.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

Mars Bisa disaksikan dengan mata telanjang

Fenomena Mars yang berada dekat dengan bumi diklaim bisa disaksikan dengan mata telanjang. Planet berwarna merah tersebut bisa dilihat di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar tiba.

Planet tersebut diketahui sebagai objek paling terang seperti bintang yang menerangi malam. Sedangkan planet Venus merupakan benda langit paling terang ke-3 setelah matahari dan bulan yang memiliki sinar lebih terang dari planet merah.

Kenapa Mars dan Bumi sering sekali berdekatan?

Kenapa Mars dan Bumi sering sekali berdekatan?
Konsep orbit planet Mars dan Bumi // via NASA

Melansir dari Science Alert, baik Mars dan Bumi berada pada orbit yang sedikit elips. Hal tersebut menyebabkan keduanya ‘terkadang’ bisa berdekatan antara satu dengan lainnya.

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah saat Bumu berada paling jauh dari Matahari (aphelion). Sementara Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik itu, jarak minimal keduanya adalah 54,6 juta km. Konfigurasi ini disebut oposisi dan terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Di ujung lain skala dari oposisi adalah konjungsi, yakni saat kedua planet berada pada jarak terjauh dari satu sama lain. Jaraknya bisa mencapai 401 km dari satu ke yang lainnya. Hal itu terjadi ketika Bumi dan Mars berada di sisi berlawanan dari Matahari dan keduanya berada di aphelion mereka.

RamenGvrl berhenti jadi rapper? Temukan alasannya di SINI

Source : CNNIndonesia

Ah coba liat nanti malam, siapa tau keliatan.

close

Mars, Hari Ini Sangat Dekat Dengan Bumi!

Search
close