close

Bukti Alien? Ilmuwan Temukan Tanda-Tanda Kehidupan di Planet Venus!

Bukti Alien? Ilmuwan Temukan Tanda-Tanda Kehidupan di Planet Venus!
By Kevin Andreas
access_time 4 hari yang lalu Comments

Mungkinkah alien sempat hidup di planet Venus?

Senin (14/9/2020) lalu, sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat mengaku berhasil mendeteksi zat yang mungkin jadi bukti bahwa planet Venus dapat ditinggali makhluk hidup.

Para ilmuwan mungkin tidak menemukan alien secara langsung, namun mereka menemukan awan asam yang disebut fosfin.

Fosfin, dikatakan ilmuwan, merupakan gas yang juga ditemukan di Bumi. Zat tersebut merupakan hasil produksi dari bakteri yang berkembang di lingkungan yang kekurangan oksigen.

Hal ini pun disebut-sebut jadi salah satu kemungkinan Venus menjadi rumah bagi kehidupan alien, walau kemungkinan dalam bentuk sederhana.

Alien Day Yes GIF by Nerdist.com - Find & Share on GIPHY

Baca juga: Marvel Rekrut Lady Gaga untuk Gabung MCU di Film X-Men?

Cari tanda kehidupan di Venus, ilmuwan gunakan teleskop canggih

Fosfin di planet Venus ditemukan saat para ilmuwan menggunakan Teleskop James Clerk Maxwell di Hawaii dan mengonfirmasinya menggunakan teleskop radio Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) di Chile.

Saya sangat terkejut, sungguh,” kata astronom Jane Greaves dari Universitas Cardiff di Wales, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy.

Dengan apa yang saat ini kita ketahui tentang Venus, penjelasan yang paling masuk akal untuk fosfin, walaupun kedengarannya fantastis, adalah [adanya] kehidupan,” kata rekan penulis studi, Clara Sousa-Silva.

Saya harus menekankan bahwa kehidupan, sebagai penjelasan untuk penemuan kami, harus selalu menjadi pilihan terakhir,” tambah ahli astrofisika molekuler Institut Teknologi Massachusetts tersebut.

History Channel Ufo GIF by HISTORY UK - Find & Share on GIPHY

Baca juga: Gundala Masuk Nominasi Asian Film Awards, Bersaing dengan Parasite!

Fosfin, bukti kemungkinan kehidupan alien selain manusia di alam semesta

Sousa-Silva meyakini adanya kehidupan lain di alam semesta. Dugaan tersebut makin kuat dengan penemuan fosfin di planet Venus.

Itu juga berarti bahwa kehidupan itu sendiri pasti sangat umum, dan pasti ada banyak planet lain yang berpenghuni di seluruh galaksi kita,” kata Sousa-Silva.

Meski begitu, sulit meyakini bahwa ada makhluk hidup dapat bertahan hidup di planet Venus. Pasalnya planet tersebut terbungkus dalam atmosfer beracun yang tebal yang terperangkap dalam panas. Suhu permukaannya mencapai 471 derajat Celcius, cukup panas untuk melelehkan timah.

“Saya hanya bisa berspekulasi tentang kehidupan apa yang mungkin bertahan di Venus, jika memang ada kehidupan di sana,” kata Sousa-Silva.

Tidak ada kehidupan yang dapat bertahan di permukaan Venus, karena ia sama sekali tidak ramah, bahkan untuk biokimia yang sama sekali berbeda dari kita.”

Tapi dahulu kala, Venus bisa saja memiliki kehidupan di permukaannya, sebelum efek rumah kaca yang tak terkendali membuat sebagian besar planet ini sama sekali tidak dapat dihuni,” tambahnya.

Signs of alien life detected on Venus | Science & Tech News | Sky News

Apakah lo percaya dengan eksistensi alien? Tell us in the comments below!

close

Bukti Alien? Ilmuwan Temukan Tanda-Tanda Kehidupan di Planet Venus!