Komposer ‘Dragon Ball’ OST Meninggal di Usia 89 Tahun, Dunia Anime Berduka

Shunsuke Kikuchi, Komposer Dragon Ball meninggal dunia
access_time 5 bulan yang lalu

Shunsuke Kikuchi, komposer musik legendaris serial anime ‘Dragon Ball’ meninggal di usianya yang sudah menginjak 89 tahun. Ia meninggal dunia di pusat fasilitas medis Tokyo.

Berdasarkan laporan Variety, mengutip dari Oricon News, Kikuchi sedang menjalani perawatan medis untuk pneumonia aspirasional. Kepergiannya ini membuat dunia anime berduka karena karya-karyanya yang sangat melekat di hati para penonton.

Komposer anime Jepang yang mendunia ‘Dragon Ball’

Shunsuke Kikuchi, Komposer Anime 'Dragon Ball' meninggal dunia
via Twitter/overlook_events

Kikuchi memulai karir sebagai komposer sejak 1960-an. Film pertama yang ia kerjakan adalah pada tahun 1961, yaitu ‘The Eighth Enemy’. Selanjutnya, terus berkarya musik dan theme song untuk berbagai serial anime panjang dan drama TV lainnya hingga 2010-an.

Anime Jepang terkenal ‘Dragon Ball‘ dari Toei Animation yang rilis tahun 1986, di mana Kikuchi membuat lagunya, jadi anime yang sangat populer di seluruh dunia.

Kemudian, ia juga turut bergabung dalam serial selanjutnya anime itu di 1989, ‘Dragon Ball Z’, sebuah film lanjutan, dan serial ‘Dragon Ball Z Kai’.

Masih banyak lagi karya-karya Shunsuke Kikuchi

Di luar itu, masih banyak karya-karyanya menghiasi per-TV-an Jepang dengan musik yang indah dan nostalgik darinya. Beberapa musiknya yang juga terkenal adalah theme song legendaris ‘Doraemon‘.

Selain itu ada juga ‘The Unfettered Shogun (Abarengō Shōgun)’, ‘Masked Rider (Kamen Rider)’, ‘Tiger Mask’, ‘Gaiking’, ‘Tōshō Daimos’, ‘Dr. Slump’, dan masih banyak lagi. Kemudian, Kikuchi pensiun pada tahun 2017 karena penyakitnya.

Dragon Ball Symphonic Adventure – Overlook Events
Dragon Ball Symphonic Adventure – Overlook Events

Sebuah perusahaan produksi, Overlook Events yang menaungi konser-konser, yang menyertakan musik dari ‘Dragon Ball’, komposer John Williams, bahkan musik ‘Ghibli’  menunjukkan penghormatannya kepada Kikuchi:

Karya dan konser kami adalah dedikasi untuknya sejak awal.” tulis mereka.

Kikuchi pernah menjadi nominasi Japan Academy Award untuk musiknya yang luar biasa di tahun 1983 ‘The Gate of Youth’ dan ‘To Trap a Kidnapper’. Ia menerima penghargaan di Tokyo Anime Awards pada 2013 dan Japan Record Award seumur hidup untuk layanan yang terhormat pada 2015 lalu.

R.I.P. Shunsuke Kikuchi

Baca juga:

close

Komposer ‘Dragon Ball’ OST Meninggal di Usia 89 Tahun, Dunia Anime Berduka

Search
close