Kimchi Picu Perseteruan Korea Selatan dan China, Kok Bisa?

Kimchi Picu Perseteruan Korea Selatan dan China, Kok Bisa?
access_time 11 bulan yang lalu

Berdekatan secara geografis, kuliner kedua negara ini memilik persamaan yang memicu perselisihan

Kimchi belum lama ini menjadi pemicu perseteruan antara netizen Korea dan China. Pasalnya produk fermentasi sayuran pedas itu memiliki kemiripan dengan pao chai. Terlebih kedua hidangan tersebut mendapat sertifikasi ISO.

Mengacu pada letak geografis yang berdekatan umumnya akan ada kesamaan budaya atau kuliner. Sering kali kesamaan tersebut memicu perselisihan, bahkan hal serupa juga pernah terjadi antar Indonesia dan Malaysia terakit hidangan rendang.

Begini kenapa kimchi memicu ketegangan

Diawali dari ISO (International Organization for Standardization) yang mengeluarkan regulasi terbaru terkait transportasi dan penyimpanan pao cai, fermentasi sayuran khas China.

Pihak berwenang di provinsi Sichuan, tempat mayoritas pao cai diproduksi di China telah melobi untuk sertifikasi. Dalam sertifikasi tersebut, disebutkan kalau ‘dokumen tidak berlaku untuk kimchi’. Beberapa media menyebutkan regulasi tersebut karena ada pengaruh dari Kimchi.

Kimchi dan Pao Cai memiliki kemiripan // image via Straits Times

Bahkan media lokal Global Times menyebut kebijakan tersebut sebagai ‘standar internasional industri kimchi yang dipimpin oleh China’. Penyebutan tersebut kemudian ditanggapi oleh pihak Korea Selatan dengan melaporkan media yang mengklaim hal itu. Tanggapan Korea Selatan kemudian memancing perseteruan di media sosial.

Begini respon dari Korea Selatan

Menteri Pertanian Korea Selatan kemudian merilis pernyataan yang menyebut standar internasional untuk pembuatan kimchi telah disetujui oleh PBB pada 2001. “Ini sebuah laporan yang tidak tepat (terkait sertifikasi pao cai) tanpa membedakan kimchi dan pao chai dari Sichuan China,” tuturnya seperti dilansir BBC (30 November 2020).

Kimjang, making and sharing kimchi in the Republic of Korea - intangible  heritage - Culture Sector - UNESCO
Kimjang ritual yang sudah diakui oleh UNESCO // via ich unesco

Secara tradisional, hidangan itu terbuat dari sayuran dicuci dan diasinkan. Kemudian ditambahkan bumbu serta fermentasi seafood untuk kemudian ditaruh dalam guci tanah liat dan disimpan di bawah tanah. Ritual tersebut dikenal dengan Kimjang yang juga sudah masuk daftar warisan budaya tak benda UNESCO.

Adapun hidangan ini sudah menjadi perdebatan beberapa tahun belakangan. Sebelumnya kodifikasi internasional resep kimchi diterbitkan pada 2001 setelah perdebatan dengan Jepang.

Source : food.Detik

Waduh, gua sih jujur baru denger yah kalau Po Cai.

close

Kimchi Picu Perseteruan Korea Selatan dan China, Kok Bisa?

Search
close