👦11 Kebiasaan Orang Sunda yang Perlu Kamu Tahu

By
access_time 3 minggu yang lalu

Di antara banyak keunikan di Indonesia, kebiasaan orang Sunda adalah yang cukup menonjol. Apakah kalian satu di antaranya?

Tak jarang, ciri khas mereka banyak menghiasi sinetron, FTV atau film. Misalnya pada Yo Wis Ben 2, di mana mempertemukan orang dengan gaya Jawa Timuran dengan Sunda. Banyak juga humor suku asli Jawa Barat di film itu yang akan kita bahas juga nanti di sini.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa kebiasaan orang Sunda yang khas dan unik. Ini perlu juga jadi pengetahuan kalau kita memiliki teman, pasangan, tamu atau bahkan pimpinan kerja dari sana.

Kebiasaan orang Sunda bilang ‘teh’, ‘euy’, ‘atuh’ dan ‘mah’

Sumber: Indonesia Film Center

Walau bukan orang Sunda, kamu barangkali juga pernah menirukan penggunaan kata tersebut. Ya, memang keunikan mereka bisa menular kepada siapapun yang pernah mendengarnya. Menyebutkan istilah ‘teh’ bukan berarti minuman atau kakak perempuan (teteh). Begitupula ketika menyebut ‘mah’, ‘atuh’, atau ‘euy’. Kalau di bahasa Indonesia, barangkali maknanya mirip dengan ‘nih’, ‘lah’, ‘sih’ dan sejenisnya.

Menjunjung adat dan budaya

Sumber: Geograph88

Nah, dari cara bicara, kita sudah bisa melihat kalau mereka ini kental banget adat dan budaya dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya ‘punten-mangga’ serta bahasa sehari-hari, namun juga cara makan, serta kerap melangsungkan acara-acara yang mengusung tradisi mereka. Dalam membawakan ceramah misalnya, petinggi atau ahli agama dari Sunda biasanya bisa mengemasnya dengan ringan dan mudah merasuk kepada pendengarnya.

Kebiasaan orang Sunda bercanda

Sumber: JPNN

Humoris juga menjadi salah satu ciri khas. Dengan pembawaan yang santai, mereka nyeletuk sedikit saja kita bisa (minimal) tersenyum. Bercanda atau ngabodor (istilah Sunda) seperti jadi kebiasaan sehari-hari mereka.

Logat bicara yang lugu dan mesra

Gaya bicara orang Sunda terkesan lugu, ramah dan hangat. Bahkan dengan mudah kita bisa jatuh hati karena logatnya hampir tidak ada kesan defensif. Tidak jarang malah, mereka bicara sambil bernyanyi. Seperti yang sering dilakukan artis, Sule.

Huruf ‘f’ dan ‘p’ dalam gaya bicara

Sumber: Phinemo

Nah, ada yang unik lagi nih pelafalan orang sunda untuk beberapa huruf. Karena dalam bahasa Sunda sendiri tidak ada huruf F dan V, seringnya berubah pelafalan menjadi P. Misalnya fesyen menjadi pesyen, atau fitnah menjadi pitnah.

Huruf ‘b’ dan ‘d’ juga ada gayanya

Lain halnya dengan huruf ‘b’ dan ‘d’ yang sering terucap secara sengau atau menghilang. Misalnya saja saat menyebut makanan combro, seringnya malah menjadi ‘comro’. Atau menyebut Bandung ada kalanya terdengar seperti ‘Banung’.

Kebiasaan orang Sunda kalau sedang emosi

Sumber: Kompasiana

Seperti yang sudah disebutkan tadi, gaya bicara orang Sunda memang halus. Apalagi saat sedang menggunakan bahasa daerah. Bisa-bisa kita tidak tahu kalau mereka sedang marah, karena memang banyak yang bilang orang Sunda marahnya nggak kelihatan. Kesannya malah lucu bahkan ketika sedang ngomel. Bagaimanapun sebisa mungkin kita menghindari adanya perselisihan ya.

Makanan kesukaan dan caranya

Sumber: Travel Tempo

Nah, kalau kamu mau menjamu atau makan dengan orang Sunda, mereka ini orangnya suka sekali dengan lalapan segar. Menu yang mudah kita dapatkan, buat atau sajikan. Apalagi jika makannya disajikan di atas hamparan daun pisang memanjang dan dimakan bersama-sama. Kemudian, lalapannya beserta sambal,  petai jengkol, daun singkong, daun papaya, terong

Singkatan kreatif yang ‘viral’

Sumber: Hipwee

Orang Sunda seringkali membuat singkatan-singkatan yang unik, cenderung lucu tapi bisa jadi jargon populer di masyarakat. Apalagi dalam jajanan yang juga akhirnya banyak digemari masyarakat. Misalnya ‘cilok’ yang berasal dari aci dicolok.

Kebiasaan orang Sunda membuat nama

Jika memperhatikan dengan baik, beberapa nama asli Sunda sifatnya repetitif atau memiliki rima. Misal Asep Surasep, Didi Mulyadi, Tatang Suratang, Yayat Ruhiyat dan masih banyak lagi. Jadi kalau menemukan model nama seperti ini, kita bisa dengan mudah mengenali kalau asal mereka dari Jawa Barat.

Bobotoh Persib

Sama seperti daerah yang lain dengan fanatisme terhadap klub bola mereka, salah satu yang kental di orang Sunda adalah kecintaannya pada Persib. Walau mungkin tidak semua adalah penggemar bola, namun sebagai dukungan persaudaraan biasanya kebanyakan dari mereka adalah pendukung Persib Bandung.

Itulah beberapa kebiasaan orang Sunda yang perlu kamu kenali. Salah satu kekayaan karakter dan budaya dari negeri ini yang menarik untuk diketahui.

close

👦11 Kebiasaan Orang Sunda yang Perlu Kamu Tahu

Search
close