Katapel Jakarta: Upaya Pemprov DKI untuk Kembangkan Komersialisasi Industri Kreatif

Katapel Jakarta: Solusi Pemprov DKI Jakarta untuk Komersialisasi Produk Kreatif Berbasis Kekayaan Intelektual
access_time 2 bulan yang lalu

Katapel Jakarta tingkatkan daya saing pelaku industri kreatif di era normal baru!

Katapel Jakarta siap digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Katapel.ID. Keduanya akan bekerja sama untuk menggelar bimbingan teknis CHSE dan komersialisasi produk kreatif berbasis kekayaan intelektual di The Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan pada 20-23 Desember 2020.

Dengan langkah ini, industri kreatif tanah air diharapkan bisa menghasilkan “Si Juki” dan “Filosofi Kopi” baru, yang bukan cuma mampu menunjukkan kreativitas namun juga berkontribusi dalam pembangunan ekonomi

https://www.instagram.com/p/CI0ObRFHetW/

Baca juga: 5 Mural Pemecah Rekor Dunia: Ada yang Habiskan Hingga 850 Ribu Liter Cat!

Katapel Jakarta solusi bangkitkan kembali potensi ekonomi pasca pandemi

Pasar industri lisensi di Asia tenggara diperkirakan mencapai lebih dari US$ 10,4 miliar atau lebih dari Rp 140 Triliun.

Dengan angka tersebut, potensi industri ini pun terbilang cukup besar. Potensi tersebut kian berkembang berkat meningkatnya konsumsi produk kreatif berbasis kekayaan intelektual seperti komik, film, buku selama pandemi.

https://www.instagram.com/p/CI7YkeiAeEk/

Baca juga: Pantun Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

CHSE untuk industri kreatif

Lewat sosialisasi penerapan CHSE, pelaku industri kreatif diharapkan bisa turut andil dalam pemulikan ekonomi nasional, juga meningkatkan daya saing di era normal baru.

Kami memberikan pelatihan kepada 100 (Seratus) warga DKI Jakarta yang merupakan pelaku kreatif dari industri Animasi, Games, Komik, Fashion Brand, Desain Grafis, Periklanan dan lain lain,” tutur Plt. Kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya.

Harapannya ke depan mereka bisa memberikan nilai tambah dari produk kreatif dalam komersialisasi kekayaan intelektual yang dimiliki masing masing peserta bimbingan teknis dari program yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.”

https://www.instagram.com/p/CIrrswZAEc7/

Baca juga: Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Warga Indonesia!

Digelar juga secara online

Agar manfaat dari kegiatan program ini bisa dinikmati lebih luas oleh para kreator IP dan pemilik brand lokal, maka diadakan juga secara daring melalui Zoom. Untuk mengikuti kegiatan ini calon peserta bisa mendaftar di bit.ly/daftarkjo2020 dan tempat terbatas.

Ajang ini dirasakan perlu sebab selama ini banyak kreator memiliki IP namun kesulitan melakukan komersialisasi,” tutur Robby Wahyudi, Program Director Katapel.ID.

Melalui program ini Pemilik Brand bisa mengenal langsung dan melihat sudah seberapa jauh komersialisasi IP local, yang mana mempunyai potensi besar untuk bersanding dengan IP dunia. Forum ini juga sebagai upaya dari program Katapel untuk menciptakan ekosistem bagi pelaku ekonomi kreatif.”

https://www.instagram.com/p/CIPoB6rgRCV/

close

Katapel Jakarta: Upaya Pemprov DKI untuk Kembangkan Komersialisasi Industri Kreatif

Search
close