5 Mural Pemecah Rekor Dunia: Ada yang Habiskan Hingga 850 Ribu Liter Cat!

access_time 3 bulan yang lalu

Dari mural terbesar, terpanjang, hingga tertinggi!

Mural pertama kali pada era Paleolitikum, tepatnya 30.000 tahun sebelum masehi. Sejak saat itu, seni lukis ini berkembang pesat dan bermunculan di seluruh penjuru dunia.

Sebagian dibuat sebagai ekspresi diri, lainnya untuk medium komunikasi. Namun tak sedikit juga yang dibuat untuk memecahkan rekor dunia. Berikut beberapa di antaranya!


Mural pensil terbesar

(Foto: Guinness World Records)
(Foto: Guinness World Records)

Berlokasi di Argentina, tepatnya di tembok perbatasan yang memisahkan kota Posadas dengan kota Encarnación, Paraguay.

Mural tersebut membentang dengan ukuran hampir 491 meter persegi dan dibuat untuk memperingati pemisahan negara Argentina dan Paraguay yang historis.

Mural pensil ini dikerjakan oleh 15 orang dengan bahan baku utama graphite hitam. Proses pembuatannya memakan waktu 6 hari dan diresmikan pada tanggal 19 Oktober 2019.

Mural terbesar dengan material daur ulang

(Foto: Guinness World Records)
(Foto: Guinness World Records)

Tak melulu dengan cat, mural juga bisa dibuat dengan material daur ulang. Salah satu karyanya bahkan memecahkan rekor dunia.

Mural yang diresmikan pada tanggal 27 Januari 2014 ini berlokasi di Damaskus, Syria. Ukurannya hampir mencapai 2.363 meter persegi dan dikerjakan tim yang beranggotakan 7 orang.

Seniman Moaffak Makhoul memimpin proyek tersebut dan memanfaatkan kaleng minuman bekas, pecahan kaca, hingga suku cadang mobil yang rusak sebagai “alat lukisnya.”

Mural trotoar anamorphic tepanjang & terbesar

(Foto: Guinness World Records)
(Foto: Guinness World Records)

Bulan Oktober 2016 lalu, seniman Cina bernama Yang Yongchun berhasil mencetak rekor dunia karena menciptakan mural trotoar yang terbesar dan terpanjang.

Mural yang berlokasi di kota Lijiang, provinsi Yunnan, Cina tersebut membentang sepanjang hampir 360 meter dan diselesaikan dalam waktu enam hari.

Lebih istimewanya lagi, mural tersebut adalah seni anamorphic yang bisa menimbulkan ilusi optik pada mereka yang melihat. Tak heran, karya tersebut pun jadi objek wisata turis.

Mural terbesar di dunia

(Foto: Korea Times)
(Foto: Korea Times)

Diresmikan pada tanggal 20 September 2018, mural yang yang berlokasi di kota Incheon, Korea Selatan ini membentang dengan ukuran hampir 23.689 meter.

Proyek tersebut adalah hasil kerja sama pelaku bisnis dengan warga setempat. Karya itu dibangun untuk mengubah pandangan negatif terhadap fasilitas pabrik tua.

Dengan ukurannya yang begitu besar, lukisan ini menghabiskan lebih dari 850 ribu liter cat!

Mural tertinggi di dunia

(Foto: I AM KARACHI)
(Foto: I AM KARACHI)

Lain halnya dengan mural terbesar, karya yang tersemat di sebuah gedung di kota Karachi, Pakistan ini jadi mural tertinggi.

Karya itu dibuat dengan ketinggian hampir 87 oleh seorang seniman Italia bernama Pepe Galka. Rekor itu pun diresmikan pada awal tahun 2020 lalu.

Karya ini dibuat untuk merayakan “garis pantai Karachi dan menekankan pentingnya hutan bakau, yang kini terancam karena kerusakan alam.”

Nah, mana yang paling impressive menurut lo?

close

5 Mural Pemecah Rekor Dunia: Ada yang Habiskan Hingga 850 Ribu Liter Cat!

Search
close