🦍11 Hewan Langka di Dunia, Ada yang Terancam Punah

hewan langka
access_time 1 tahun yang lalu

Ada banyak hewan langka di dunia yang sekarang terancam punah. Bahkan, beberapa di antaranya kemungkinan besar belum pernah kalian lihat sama sekali. Nah, kalau kalian ingin tahu apa saja deretan hewan tersebut, simak yuk ulasan berikut ini. 

Gelada 

hewan langka
Via: Flickr

Pertama, ada hewan langka bernama Gelada. Kalau dilihat-lihat, binatang ini mirip dengan baboon, tapi ada beberapa perbedaan apabila dilihat lebih detail. Karakteristiknya, primata satu ini suka berkelompok dan sangat kompak. Apabila salah satu anggota kelompoknya diganggu oleh predator, maka yang lainnya akan menyerang musuh dengan cakaran dan gigi tajam mereka. Hewan ini dapat ditemukan hanya di dataran tinggi Ethiopia

Ikan Hiu Gergaji 

hewan langka
Via: Wikipedia

Kemudian ada Ikan Hiu Gergaji yang punya moncong seperti gergaji. Spesies hiu ini biasanya ditemukan di beberapa negara, antara lain Madagaskar, India, Vietnam. Namun sekarang hiu dengan jenis ini sudah sangat sulit untuk ditemukan di sejumlah perairan. 

Kanguru Pohon 

hewan langka
Via: MLD Spot

Ada juga hewan langka yang penampilannya cukup menggemaskan, yaitu Kanguru Pohon. Hewan satu ini ukurannya lebih kecil daripada kanguru pada umumnya dan tinggal di pepohonan. Persamaannya ada pada kantung di perutnya untuk membawa anak-anaknya. Kalian bisa menemukan binatang ini di Papua Nugini dan Australia. 

Kucing Emas  

hewan langka
Via: Garda Animalia

Berikutnya ada Kucing Emas yang merupakan hewan asli dari Pulau Kalimantan. Tubuhnya yang berwarna merah keemasan, membuat siapa saja terpana melihatnya. Namun sayangnya, kucing satu ini sangat langka untuk ditemukan. Bahkan, sejak tahun 2002 lalu, Kucing Emas telah terancam punah. Lalu, pada tahun 2007 lalu, kucing ini di habitat aslinya hanya tersisa 2500 ekor. 

Kadal Berduri

Via: Mongabay

Australia tak hanya memiliki kanguru maupun koala, tapi juga ada yang namanya kadal berduri. Sesuai dengan sebutannya, tubuh kadal ini dipenuhi oleh duri, kecuali pada bagian kepala dan ekornya. Uniknya lagi, hewan ini juga bisa berubah warna sesuai dengan lokasi yang sedang dilewati. Biasanya, kadal ini ditemukan pada daerah gurun. 

Saola 

hewan langka
Via: WWF

Selanjutnya ada Saola yang sebangsa dengan sapi, antelop, dan kambing. Hewan ini dapat ditemukan di kawasan Daratan Annam yang berada di sekitar Vietnam dan Laos. Hingga saat ini, binatang mamalia tersebut diperkirakan tersisa hanya puluhan ekor. 

Ikan Vaquita 

hewan langka
Via: twitter/ongskadon

Ada juga yang namanya Ikan Vaquita. Hewan yang mempunyai wajah imut ini biasanya ditemukan pada kawasan Teluk California. Sayangnya, Ikan Vaquita saat ini hanya tersisa sekitar 40 ekor. Ini disebabkan adanya perburuan liar yang mengincar insang dari ikan tersebut. 

Burung Hantu Kaledonia Baru 

hewan langka
Via: twitter/Hogarcosmico

Di Kaledonia Baru juga ada burung hantu langka dengan tampilan unik. Di mana bagian kepala dan tubuhnya tidak mempunyai bulu yang lebat. Kemudian ia mempunyai kaki yang panjang dan hidup di atas permukaan tanah. Hingga tahun 2018, hewan ini hanya tersisa sekitar 50 ekor. 

Lemur Bambu Besar

Via: Blogger

Kemudian ada Lemur Bambu Besar. Spesies yang berasal dari Madagascar satu ini sekarang sangat sulit ditemui. Menurut perkiraan, hanya ada sekitar 200 ekor di kawasan aslinya. Hewan tersebut terancam punah, karena perubahan suhu ekstrem yang tidak bisa membuatnya bertahan hidup lebih lama.

Ayam Prairie Attwater

Via: Audubon Society

Hewan langka lain ada Ayam Prairie Attwater. Binatang satu ini dulunya hidup di Padang Rumput Pesisir Texas dan Lousiana dalam jumlah yang banyak. Kabar buruknya, pada tahun 2017, spesies ini berkurang drastis menjadi 7 ekor saja di alam liar. Ini disebabkan adanya penyakit, parasit, cuaca buruk, dan ekspansi pertanian.

Pika Cina

Via: National Geographic

Ada juga binatang langka yang cukup menggemaskan. Namanya Pika Cina yang tampilannya seperti campuran beruang dan kelinci. Sehingga kalau dilihat, hewan ini memang cukup menggemaskan. Oleh karenanya, menurut perkiraan, Pika Cina mengalami kepunahan karena banyak dipelihara orang.

Itulah beberapa hewan langka yang ada di dunia. Hampir semuanya sudah terancam punah akibat banyaknya perburuan yang dilakukan. Semoga ke depannya tidak ada perburuan lagi, supaya hewan-hewan di atas tetap terjaga kelestariannya. 

Baca juga: Anak Gajah Main “Perosotan” di Tanah Berlumpur Hutan, Aksi Lucunya Terekam Kamera

close

🦍11 Hewan Langka di Dunia, Ada yang Terancam Punah

Search
close