Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Sampai Kota Medan!

access_time 12 bulan yang lalu

Gunung Sinabung erupsi lagi untuk kesekian kalinya dalam satu dekade terakhir

Lagi-lagi tahun 2020 dikejutkan dengan sebuah bencana. Belum lama ini dunia dihebohkan dengan ledakan dahsyat di Lebanon, kini adalah gunung berapi yang erupsi.

Baca juga: Ledakan di Lebanon Viral di Sosial Media, Apa Penyebabnya?

Gunung tersebut adalah Gunung Sinabung, Sumatra Utara yang kemarin baru saja erupsi. Terjadi pada Senin, 10 Agustus 2020, erupsi ini telah menyita perhatian dunia.

Gunung Sinabung Erupsi

via Tribunnews.com

Sejak Gunung Sinabung menunjukkan aktivitasnya pada pukul 10.16 WIB, warga Twitter pun mulai dihebohkan dengan video kebulan asap tebal yang sudah menyelimuti langit sekitar gunung tersebut.

Abu vulkanik yang melambung tinggi ke langit diperlihatkan dalam sebuah video amatir warga sekitar.

Baca juga: Pemeran “Tiger King” Protes ke Cardi B, Apa Alasannya?

Ada pula warga yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung langsung melaporkan kondisi di siang hari. Ia mengatakan bahwa di siang hari, langit di sekitar kawasan gunung tersebut terlihat seperti malam hari.

Large volcanic mount #sinabung has erupted in north #Sumatra #Indonesia. It looks like night time ashes are blocking out all sunlight and it’s afternoon there,” tulis akun @ventdelnde.

Mendapat Perhatian Dunia

via Tirto.ID

Karena bencana alam ini, letusan Gunung Sinabung ini mendapat perhatian dari seluruh dunia. Banyak doa yang disampaikan semoga tidak memakan korban.

Untuk diketahui, Gunung Sinabung sendiri sudah mengalami erupsi beberapa kali dalam satu dekade terakhir.

Bahkan salah satu akun geologi asal Meksiko @chematierra juga beberapa kali mengunggah video dan foto dari kondisi paling update di Sumatra Utara. Tidak hanya itu, akun ini juga kerap kali menjelaskan penyebab kenapa Indonesia sering mengalami gempa bumi dan erupsi gunung api.

Baca juga: Setelah 30 Tahun, Toshiba Kini Tak Lagi Produksi Laptop

Letusan baru gunung berapi @Sinabung. Mengapa begitu banyak gunung berapi dan begitu banyak gempa bumi di Indonesia? Karena pulau-pulaunya berada di “Cincin Api Pasifik”, maka pulau-pulau itu adalah pulau vulkanik yang muncul dari dasar laut oleh interaksi kompleks empat lempeng tektonik,” tulis akun tersebut.

Seorang videografer drone vulkano asal Tokyo, James Reynold pun juga ikut meng-upload erupsi Gunung Sinabung tersebut. Ia juga ikut mendoakan supaya semuanya selamat.

Webcam footage of #Sinabung erupting today in N Sumatra, #Indonesia. Such a beautiful part of the country, hope everyone is safe,” tulisnya.

_

Stay safe guys! Pray for Sinabung.


close

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Sampai Kota Medan!

Search
close