Jakarta Banjir, Anies Baswedan: Permukaan Air Laut Posisinya Turun

Jakarta Banjir, Anies Baswedan: Permukaan Air Laut Posisinya Turun (Foto: Kompas/Agus Susanto)
access_time 10 bulan yang lalu

Jakarta banjir, Anies Baswedan ambil langkah antisipatif

Jakarta banjir, setidaknya di beberapa titik. Dilansir dari Kumparan, setidaknya ada 49 RT dan 23 jalan di Jakarta yang tergenang air karena air kiriman Bendung Katulampa Senin (21/9) malam lalu.

Merespon hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun meninjau pintu air Manggarai.

Saya meninjau di Pintu Air Manggarai, tim dari SDA sudah mengatur pintu-pintu air di Jakarta agar aliran air dari hulu itu nanti bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala,” kata Anies di Pintu Air Manggarai Senin malam.

Ia juga mengatakan bahwa ketinggian air laut sedang turun. Dengan demikian, air kiriman dari hulu bisa menampung air sehingga tak ada limpasan air di pintu-pintu air yang menggenangi pemukiman warga.

Pintu-pintu air semuanya dikendalikan supaya nanti bisa aman ke Jakartanya dan kebetulan malam ini permukaan air laut posisinya turun. Mudah-mudahan itu akan membantu menghindari Jakarta dari banjir,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Rabu (1/1). Foto: Darin Atiandina/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Rabu (1/1). Foto: Darin Atiandina/kumparan
Baca juga: Perpaduan Kesegaran Dari Rumah ala Dipha Barus

BMKG ingatkan warga Jawa Barat untuk waspada hujan lebat

Tak hanya karena air kiriman, hujan lebat juga terpantau terjadi di Jakarta dan menyebabkan beberapa ruas jalan ibu kota tergenang air.

BMKG pun sempat memberikan peringatan hujan lebat di kawasan Jawa Barat selama seminggu kedepan. Hal ini terjadi karena pancaroba jelang masuknya musim hujan 2020/2021.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyatakan bahwa pihak BMKG akan mengeluarkan peringatan dini secara berkala dalam rentang waktu 3 jam.

Terkait kejadian tersebut, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu 3 jam-an untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir bandang pada tanggal 21 September 2020 sebanyak 5 kali mulai dari jam 13.45 WIB hingga 22.50 WIB,” jelas dia, dilansir dari Detik.

Semoga Jakarta nggak banjir meski ada hujan lebat sepekan kedepan!

close

Jakarta Banjir, Anies Baswedan: Permukaan Air Laut Posisinya Turun

Search
close