Ikut Tren NFT, ‘Sophia the Robot’ Lelang Lukisannya!

Sophia the Robot NFT
access_time 7 bulan yang lalu

Sophia the Robot menjual self portrait dirinya sebagai Non-fungible Token (NFT) dan lelangnya mencapai US$700 ribu.

Karya ini, yang menggambarkan ‘interpretasi’ Sophia atas mukanya sendiri, tentunya ia jual sebagai aset digital yang sedang naik daun beberapa bulan belakangan ini. Dengan judul ‘Sophia Instantition’, gambar ini ia buat dalam kolaborasinya bersama seorang seniman bernama Andrea Bonaceto.

Sophia the Robot menunjukkan bahwa robot bisa punya ‘kreativitas’

digital art by Sophia the Robot
via Reuters

Sebelum ini, Bonaceto yang merupakan seniman sekaligus partner perusahaan investasi blockchain Eterna Capital sudah terkenal dengan lukisan-lukisan penuh warnanya. Di antara karya-karyanya ada lukisan Elon Musk, dan beberapa orang terkenal lainnya.

Untuk membuat karya kolaborasi ‘Sophia Instantiation’ ini, Bonaceto awalnya membuat lukisan potret wajah ‘Sophia the Robot’ dengan warna-warna cerah. Kemudian, Sophia melukis ulang gambar tersebut sesuai denga interpretasinya.

Dengan ini, Sophia mengombinasikan elemen dari karya Bonaceto dengan gambar atau lukisan fisik pada beberapa media permukaan secara berkali-kali. Dalam proses ini, pembuat robot Sophia, David Hanson menjelaskan ini sebagai ‘putaran berulang evolusi’.

Karya ini jadi ‘statement‘ dalam dunia seni dan teknologi

David Hanson and Sophia
David Hanson and Sophia the Robot (via Getty)

Karya kolaborasinya ini berbentuk dokumen MP4 12 detik yang menunjukkan evolusi dari potret oleh Bonaceto ke lukisan buatan Sophia. Selain itu, bakal ada karya fisiknya juga yaitu lukisan yang robot humanoid itu lukis di atas self-portraitnya.

Menurut Bonaceto, kolaborasi ini bertujuan untuk membuat ‘statement dalam dunia seni, bahkan dunia teknologi,’. Dengan ini ia juga bertujuan menggemborkan dunia baru di mana robot AI bisa berkolaborasi dengan manusia, mendukung satu sama lain.

Karya seni Sophia menjadi ‘karya bersejarah yang amat sangat penting,’ menurut Pablo Fraile, yang merupakan kolektor seni dari Miami. Makanya, ini bisa jadi aset digital (NFT) yang sangat berharga.

Robot Sophia yang terjun ke dunia NFT

sophia the robot nft
via Getty

‘Sophia Instantiation’ terjual seharga hampir US$700.000 sebagai NFT. Sementara itu, karya pertama ini hanyalah satu bagian dari beragam karya seni ‘Sophia the Robot’ yang akan dijual juga.

Walaupun self-portrait ini terjual sebagai edisi satu-satunya, karya lain bakal dijual sebanyak 30 edisi. Harganya kira-kira US$2,5 ribu atau US$3 ribu masing-masing. Totalnya, Sophia mendapatkan lebih dari satu juta dolar, menurut Nifty Gateway.

Ada yang mau beli karya Sophia ini?

Baca juga:

close

Ikut Tren NFT, ‘Sophia the Robot’ Lelang Lukisannya!

Search
close