Bocah Obesitas, Arya Permana Berhasil Menurunkan Berat Badan Dari 190 kg Hingga 80 kg

access_time 2 tahun yang lalu

Arya Permana, bocah obesitas yang beratnya mencapai 107 kg, kini berhasil menurunkan badan hingga 80 kg.

Arya Permana bocah obestias berumur 10 tahun yang sempat menyentuh berat 190 kg dan mengidap obesitas. Bocah ini juga kemudian viral di media sosial karena dinyatakan sebagai “bocah tergemuk sedunia” pada umur 10 tahun. Berat badan Arya Permana juga mendapat perhatian dari para dokter yang menanganinya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat, karena terjadi penyempitan dibagian lambung yang mengharuskan Arya Permana untuk menurunkan berat badannya. Tim khusus yang terdiri dari 13 dokter ditugaskan menyelidiki penyebab Arya mengalami obesitas, serta mengatur program diet agar berat badan Arya Permana menjadi berat ideal. Kondisi tubuh Arya Permana mendapat perhatian dari seorang binaragawan ternama di Indonesia yaitu Ade Rai.

Setelah dibimbing oleh Ade Rai dan dibantu oleh tim khusus, Arya Permana berhasil menurunkan berat badannya dari 190 kg hingga 107 kg dan kini telah menyentuh 87 kg.

Namun Arya Permana harus melakukan operasi bedah plastik untuk menghilangkan sisa lemak dari kulit yang bergelambir. Operasi bedah plastik yang akan di jalani Arya Permana pun rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Ade Somantri, ayah Arya Permana mengatakan, proses bedah plastik yang harus dilalui anaknya akan terjadi beberapa kali, dengan kisaran biaya untuk sekali operasi kurang lebih Rp 200 jutaan.

“Berdasarkan informasi dari tim dokter yang akan menangani Arya Permana, untuk operasi ini tidak bisa sekali beres, tapi butuh 4 – 6 kali, jadi untuk sampai kapannya, kami juga belum dapat kejelasan. Untuk itu kami ke sini untuk menempuh langkah awal dulu sesuai prosedur yang berlaku, istilahnya kami baru daftar dan pengecekan kesehatannya dulu di RSHS,” ujarnya saat di temui di RSHS Bandung, Jalan Pasteur Kota Bandung

Meskipun operasi ini ditanggung oleh BPJS, terdapat beberapa obat yang tidak ditanggung.

“Meskipun ini ditanggung oleh BPJS, tapi ada beberapa obat juga yang tidak ditanggung, jadi tentunya tetap dibutuhkan biaya yang tidak sedikit yang harus dikeluarkan kami” ucap ayah Arya Permana

Biaya operasi bedah plastik ini memakan biaya sekitar 200 juta rupiah, namun kalian dapat membantu Arya Permana agar ia dapat melakukan operasi bedah plastik dengan berdonasi disini.

 

 

close

Bocah Obesitas, Arya Permana Berhasil Menurunkan Berat Badan Dari 190 kg Hingga 80 kg

Search
close