close

Minuman Ini Bisa Menambah Imun Lo Melawan Corona!

By Billy Dewanda
access_time 2 bulan yang lalu Comments

Semakin maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19), banyak orang semakin parno. Batuk dikit panik, pilek dikit dikira gejala Corona, pasti bikin lo kepikiran dan jadi takut. Nah kalau sudah begini, penting banget buat lo untuk menjaga stamina dan sistem kekebalan tubuh.

Di Indonesia sendiri, beberapa orang masih percaya dengan beberapa ramuan tradisional. Tidak hanya karena rasanya yang enak, tapi ramuan tersebut dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena bahan-bahan alami yang digunakan.

Namun tidak hanya terpaku pada minuman tradisional, semua bahan alami yang bisa dibuat minuman pasti akan mengandung banyak khasiat di dalamnya. Seperti stroberi, teh hijau, sampai madu juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, buat lo yang ingin menjaga kekebalan tubuh dengan ramuan tradisional, berikut minuman yang bisa menambah daya tahan tubuh. Selain enak dan menyehatkan, minuman ini juga bisa lo buat sendiri di rumah.

Kunyit Asam

Image result for kunyit asam
Source: Hello Sehat

Pertama ada kunyit asam yang ternyata memiliki banyak manfaat. Kunyit mengandung senyawa aktif berwarna kuning yang disebut dengan kurkumin. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu, kunyit juga bisa digunakan sebagai pengobatan dan menjaga stamina.

Nah, yang membuatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah kandungan antioksidan, anti peradangan, dan antibakteri di dalamnya yang menjadi modulator untuk kekebalan tubuh. Selain itu juga bisa sebagai modulator untuk melawan kanker.

Wedang Jahe

Image result for wedang jahe
Source: Selerasa

Selain wabah virus Corona, sekarang ini juga sedang musim hujan. Udara yang dingin membuat tubuh kita menjadi tidak stabil karena kuman yang dibawanya. Nah kalau sudah begini, tubuh menjadi rentan terserang flu.

Dengan mengonsumsi wedang jahe, minuman ini bisa menghangatkan tubuh dan kandungan di dalamnya yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan menangkal radikal bebas.

Teh Hijau

Image result for teh hijau
Source: Dokter Sehat

Kali ini datang dari bahan-bahan alami yang pasti mudah untuk lo buat sendiri di rumah. Para pecinta minuman dan makanan greentea juga pasti akan suka mengonsumsinya karena bahan ini sangat praktis untuk menguatkan sistem imun tubuh.

Teh hijau adalah minuman yang cukup populer di berbagai negara, bahkan sangat mudah juga ditemukan di Indonesia. Teh hijau mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan yang bisa membuat jaringan tubuh menjadi lebih rileks.

Air Kelapa Hijau

Image result for air kelapa hijau
Source: Grid.id

Air kelapa hijau dikenal sebagai cairan detoks alami untuk membuang racun-racun di dalam tubuh. Maka dari itu tidak salah jika air kelapa hijau dijadikan minuman untuk menambah daya tahan tubuh yang segar dan menyehatkan.

Ternyata, air kelapa hijau ini sama manfaatnya dengan minuman isotonik lainnya karena mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan ini, air kelapa hijau bisa menghindari lo dari dehidrasi dan meningkatkan elektrolit tubuh.

Cukup dengan meminum dua kali seminggu, dijamin tubuh lo akan semakin bugar dan sehat.

Madu Asli

Image result for madu asli
Source: Liputan6

Terakhir ada minuman yang enak, segar, dan dapat menambah daya tubuh lainnya adalah madu. Di dalamnya terkandung vitamin B2, B3, B5, B6, B9, kalsium, besi, magnesium, zinc, protein, hingga serat pangan.

Madu bisa meningkatkan daya tahan tubuh lo karena punya kemampuan untuk menonaktifkan logam bebas berbahaya di dalam tubuh. Selain itu, madu juga bisa menangkal radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Kalau ingin mendapatkan manfaat ekstra dari madu, lo bisa tambahkan dengan perasan air lemon. Hal ini karena vitamin C di dalam lemon juga mengandung antioksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh lo.

_

Yes, lo udah tidak perlu khawatir lagi akan penyebaran virus Corona. Sekarang lo tinggal perlu meningkatkan daya tahan tubuh lo dengan meminum minum-minuman di atas.

Bahkan seorang Presiden Jokowi saja masih mengonsumsi jamu empon-empon yang terdiri dari temulawak, jahe, serai, dan kunyit setiap pagi untuk menjaga kekebalan tubuhnya seiring dengan tugas negara yang ia jalankan setiap hari.

Selamat mencoba!

close

Minuman Ini Bisa Menambah Imun Lo Melawan Corona!