✨Hari Perempuan Internasional, Begini Sejarah dan Segala Keunikannya

access_time 2 tahun yang lalu

Hari perempuan internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret ternyata punya banyak cerita di belakangnya. Tidak hanya soal sejarah, tapi juga cara merayakan di berbagai negara yang konon katanya hari tersebut sangatlah penting. Nah, bagi kalian yang penasaran tentang hari wanita sedunia ini, bisa simak ulasan berikut. 

Sejarah Hari Perempuan Internasional  

hari perempuan internasional
Merangkul disabilitas via instagram/instameet_tuli_indonesia

Hari untuk wanita sedunia ini dimulai pada tanggal 8 Maret 1914. Hal yang melatarbelakangi hari tersebut adalah terjadinya perdebatan pada kaum wanita yang terjadi di tahun 1908. Di saat itu, kalangan perempuan menjadi lebih aktif untuk mengeluarkan pendapat. Sehingga, kebanyakan dari mereka mengikuti organisasi atau kampanye yang berhubungan dengan perempuan. Ini dilakukan supaya kaum perempuan tidak dapat ditindas dan mendapatkan kesetaraan yang sama dengan laki-laki. 

Tak tanggung-tanggung, hasilnya ada sekitar 15.000 perempuan yang mengeluarkan segala keluh kesahnya tentang kesenjangan yang dialaminya. Seperti mendapatkan kenaikan gaji, kebebasan dalam memilih, pengurangan waktu kerja, dan masih banyak lagi. Sejak saat itulah, Hari Perempuan Internasional diusulkan. Itu semua juga berkat Clara Zetkin yang merupakan petinggi “Women’s Office” dari Partai Sosial Demokrat Jerman.  

Mendengar hal tersebut, PBB mengundang perwakilan dari beberapa negara anggota untuk meresmikan 8 Maret sebagai hari untuk merayakan hak perempuan. Mulai saat itu, akhirnya banyak negara yang menghapuskan segala bentuk diskriminasi pada perempuan.  

Arti dari Hari Perempuan Sedunia 

hari perempuan internasional
Kegiatan dari hari perempuan internasional via instagram/internationalwomensday_global

Ada hal lain yang perlu kalian ketahui tentang hari perempuan internasional, yaitu tentang arti dari hari itu sendiri. Menurut beberapa sumber yang tertera, hari perempuan sedunia adalah hari dirayakannya pencapaian wanita dalam menghapus kesenjangan dengan lelaki. Itu semua terkait di semua bidang, baik dari politik, sosial, ekonomi, dan juga budaya.  

Untuk buktinya sudah banyak kita lihat. Di Indonesia saja, untuk bidang politik, sudah banyak sekali para wanita yang menjadi menteri dan juga kepala daerah. Kemudian, di bidang ekonomi, para perempuan juga sudah mulai bekerja dengan waktu yang sama dengan para laki-laki. Lalu masih banyak hal lain yang menjadi bukti bahwa perempuan kini tidak mengalami diskriminasi. 

Quote dari Tokoh Dunia untuk Hari Perempuan Internasional  

hari perempuan internasional
Dr. Mae Jamison via instagram/drmaejemison

Beberapa tokoh penting di dunia juga turut serta merayakan hari istimewa untuk perempuan ini. Bahkan, mereka juga mengeluarkan beberapa quote yang tentu berhubungan dengan hari perempuan ini. Berikut adalah quote yang mereka keluarkan.  

  • Jangan mau dibatasi oleh imajinasi orang lain yang terbatas 

Quote ini berasal dari Astronaut Amerika bernama Dr. Mae Jemison. Selain menjadi astronaut, ia juga merupakan ahli fisika, pendidik, pengusaha, dan insinyur. 

  • Jangan biarkan apa pun di dunia ini membelenggu selain kebenaran batin hakiki Anda 

Quote berasal dari penulis yang ikut dalam pemberontakan tahun 1848 di Jerman bernama Emma Herwegh

  • Kita terlalu berharga untuk membiarkan kekecewaan merasuki pikiran kita 

Quote merupakan kutipan dari NL Beno Zephine yang berprofesi sebagai diplomat India. 

  • Jangan katakan Anda lemah, karena Anda perempuan 

Quote ini berasal dari Mary Kom yang merupakan petinju dari Suku Kom-Kuki di Manipur, India.  

  • Seseorang yang memiliki sebuah mimpi setidaknya memiliki alasan untuk menjadi kuat

Quote berasal dari Sanmao yang berprofesi sebagai penulis, novelis, dan penerjemah.  

Tokoh Perempuan Luar Biasa  

Ibu Susi Pudjiastuti via instagram/susipudjiastuti115

Berbicara tentang hari perempuan internasional, rasa-rasanya sangat kurang apabila tidak membahas mengenai tokoh wanita yang sangat luar biasa. Untuk itu, kita bahas dulu tokoh perempuan penting berikut ini. 

  • Susi Pudjiastuti 

Dari Indonesia sendiri, ada Ibu Susi Pudjiastuti yang menjadi tokoh perempuan hebat. Bagaimana tidak, wanita tangguh ini begitu banyak memberi solusi untuk negara kita tercinta. Seperti menenggelamkan kapal-kapal dari luar yang hendak mengambil ikan dari perairan nusantara. Oleh karena keberaniannya tersebut, wanita yang hobi berolahraga paddling tersebut meraih beragam penghargaan di dunia. 

  • Amelia Earhart  

Kemudian, ada tokoh perempuan hebat lain yang berasal dari Amerika Serikat bernama Amelia Earhart. Ia adalah pelopor pilot perempuan pertama yang berani menyeberangi Samudera Atlantik sendirian di tahun 1932. Untuk mencapai impiannya tersebut ternyata sangat tidak mudah. Ia harus membiayai sekolah penerbangannya seorang diri dengan menjadi fotografer dan pengemudi truk.   

  • Malala Yousafzai 

Datang dari Palestina, ada Malala Yousafzai yang merupakan tokoh pemberani dalam menyuarakan penegakan hak atas pendidikan perempuan sejak umur 11 tahun di Palestina. Perjalanannya dalam menegakkan hak tersebut sangatlah terjal, bahkan ada saja yang mengancam keselamatan jiwanya. Namun, itu semua tidak ia pedulikan, yang terpenting adalah perempuan bisa mendapatkan hak atas pendidikan.   

  • Elizabeth Blackwell 

Perempuan asal Inggris yang mempunyai nama Elizabeth Blackwell ini juga tidak kalah hebat. Ia merupakan wanita pertama yang bergelar dokter di Amerika. Selain itu, dirinya juga menjadi perempuan pertama yang terdaftar di tenaga medis United Kingdom. Sejak saat itu, ia berhasil mendobrak batas bahwa perempuan mampu menjadi bagian dari tenaga medis.  

  • Marie Curie 

Terakhir, ada Marie Curie yang berasal dari Polandia. Ia adalah wanita pertama yang menerima penghargaan nobel untuk dua kategori berbeda. Untuk nobel pertama adalah untuk penelitian radioaktivitas dan yang kedua yaitu dalam bidang ilmu Kimia. Menariknya lagi, ia juga membantu mengembangkan mesin X-Ray pertama di dunia.  

Cara Berbagai Negara Merayakan Hari Perempuan Internasional  

Perayaan di Italia via twitter/RieSuzukiUK

Di beberapa negara, hari perempuan internasional adalah hari besar yang patut untuk dirayakan. Bahkan, bisa dibilang setiap negara mempunyai cara sendiri-sendiri merayakan hari tersebut. Berikut adalah cara perayaan yang dimaksud. 

  • Italia  

Di Italia, hari perempuan internasional disebut dengan La Festa della Donna. Biasanya, di beberapa sudut Italia terdapat banyak sekali karangan Bunga Mimosa berwarna kuning yang dijual. Itu adalah sebagai lambang menghormati dan juga simbol kepekaan perempuan.  

  • China 

Sedangkan di China, perayaannya bisa dibilang lebih menyenangkan. Di mana beberapa perusahaan menerapkan bekerja setengah hari untuk karyawan perempuan. Menariknya lagi, hari istimewa ini juga dianggap seperti valentine, yang mana semua orang diberi kesempatan untuk memberi hadiah kepada para perempuan. 

  • Inggris  

Untuk kawasan Inggris, sebenarnya setiap tahun merayakan dengan cara berbeda. Jika di 2019 kemarin, beberapa rumah mode ternama, seperti Victoria Beckham dan Isabel Marant bermitra dengan badan amal khusus perempuan untuk mengumpulkan uang dari berjualan pakaian khusus.  

  • India  

Negara India melakukan hal yang berbeda setiap tahunnya. Di tahun 2019 kemarin, 40 penerbangan domestik dan 12 maskapai internasional semua awak pesawatnya adalah perempuan. Termasuk pilotnya yang juga berjenis kelamin wanita.  

Itulah beberapa informasi mengenai Hari Perempuan Internasional. Mulai dari sejarahnya hingga berbagai negara untuk merayakan hari istimewa ini. Ternyata ada banyak hal menarik yang bisa kita kulik dari hari penting satu ini. Kira-kira, di tahun ini Indonesia akan merayakan hari wanita sedunia dengan cara apa ya?  

close

✨Hari Perempuan Internasional, Begini Sejarah dan Segala Keunikannya

Search
close