Gunung Merapi Siaga, Warga Setempat Masih Beraktivitas Normal

access_time 9 bulan yang lalu

Beberapa hari ini, Gunung Merapi sedang menunjukkan aktivitasnya kembali. Bahkan Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status dari waspada ke siaga (level III).

Meski begitu, sampai hari ini warga di sekitar kaki Gunung Merapi masih terlihat beraktivitas normal. Padahal, proses evakuasi masih berlangsung namun mereka lebih memilih berdiam diri di rumah.

Gunung Merapi Siaga, Warga Masih Beraktivitas Normal

gunung merapi siaga
via Pikiran Rakyat

Beberapa warga masih terlihat menjalankan aktivitas berkebun di saat Gunung Merapi sudah berstatus siaga. Bahkan mereka masih melayani turis dengan tur jeep di sekitaran zona aman gunung tersebut.

Dikutip dari Kumparan, alasan mereka masih beraktivitas normal karena menurut mereka kondisi ini masih dalam taraf yang aman. Makanya mereka percaya diri untuk tetap membuka warung dan melayani turis.

Kaliurang memang berada di kawasan rawan bencana (KRB) II dan sampai sekarang warga di sana belum mendengar ada imbauan mengungsi.

Kita masih beraktivitas alasan pertama karena Kaliurang masih aman. Karena Sleman yang saat ini dikatakan rawan itu Cangkringan. Yang ditutup kan cuma bungker dan petilasan Mbah Maridjan. Yang lain masih aktivitas biasa,” kata salah satu warga Kaliurang, Heri dikutip dari Kumparan.

Jalur Evakuasi Masih Rusak Parah

gunung merapi siaga
via Solopos

Sementara itu, akses jalan menuju dusun di sekitar kawasan Cangkringan kondisinya masih rusak parah dan belum selesai diperbaiki. Padahal, rencananya jalan tersebut akan jadi jalur evakuasi warga saat terjadi erupsi.

Kondisi jalanannya belum diaspal ataupun dibeton. Masih berlubang-lubang dan sangat dalam, tentunya akan menghambat proses evakuasi nantinya.

Jalur tersebut kini rusak karena sehari-harinya dilintasi oleh truk-truk dengan muatan pasir. Beban besar yang diangkut truk tersebut membuat jalan ini jadi mudah rusak.

_

Stay safe warga Yogyakarta! Semoga semua dalam keadaan aman dan terkendali ya.

Gimana tanggapan Lo?

close

Gunung Merapi Siaga, Warga Setempat Masih Beraktivitas Normal

Search
close