Gedung Kongres US Capitol Diterobos Pendukung Trump

access_time 2 minggu yang lalu

Pada Rabu (6/1) kemarin, situasi di gedung kongres US Capitol jadi sangat mencekam karena ribuan pendukung Donald Trump berusaha menerobos masuk. Mereka melakukan ini sebagai bentuk protes atas kekalahan Trump pada pemilu lalu.

Bahkan dari kejadian ini, ada salah seorang pendukung yang berhasil masuk dan duduk di kantor Ketua DPR, Nancy Pelosi. Bagaimana kejadiannya?

US Capitol Diduduki Pendukung Trump

Gedung Kongres US Capitol
via America Magazine

Sebagai bentuk protes atas kekalahan Trump dari Joe Biden pada pemilu lalu, para pendukungnya pun sampai nekat menduduki gedung kongres US Capitol. Ribuan massa pun berusaha menerobos pagar untuk masuk dan menginjak gedung tersebut.

Dikutip dari CNN, bahkan sampai ada salah seorang pendukung Trump yang tidak diketahui identitasnya tampak berhasil masuk ke kantor Ketua DPR, Nancy Pelosi. Dalam sebuah foto ia terlihat menuliskan sebuah pesan yang berbunyi “kami tidak akan mundur“.

Gedung Kongres US Capitol
via USA Today

Ia pun juga tampak sedang menaruh kakinya di atas meja kerja Pelosi. Sementara itu, kericuhan di luar gedung pun masih berlangsung.

Beberapa diantaranya terlihat membawa bendera Amerika Serikat dan sampai muncul kepulan asap hitam pertanda ada sesuatu yang dibakar massa tersebut. Pagar gedung kongres pun sampai rubuh dan sejumlah massa berhasil memanjat tembok.

Trump Menolak Kemenangan Joe Biden

Gedung Kongres US Capitol
via The San Diego Union

Demonstrasi ini pun sebenarnya berlangsung dari pihak Trump yang tidak terima atas kemenangan Joe Biden pada pemilu lalu. Ia pun sempat mengatakan akan berpidato di depan para demonstran pendukungnya.

Saya akan berpidato di SAVE AMERICA RALLY besok di ELLIPSE pukul 11.00 waktu lokal. Datang lah lebih awal,” tulisnya lewat akun Twitter pribadinya.

Saat kericuhan berlansung, para anggota Kongres sedang tidak di sana karena sedang bertemu untuk mengesahkan hasil pemilu Presiden Amerika Serikat yang dimenangkan Biden.

Source: kumparan

_

Gimana tanggapan Lo?

close

Gedung Kongres US Capitol Diterobos Pendukung Trump

Search
close