Gabut Lockdown, Mereka Pecahkan Rekor Dengan Kereta yang Bisa Main Musik!

Pecahkan rekor, Kereta ini bisa mainkan lagu klasik
access_time 2 bulan yang lalu

Sebuah miniatur kereta di Hamburg, Jerman pecahkan rekor karena bisa memainkan musik selagi menyusuri rel dengan ribuan gelas berisi air. Ini terjadi di Hamburg Miniatur Wunderland Museum yang tutup karena lockdown pandemi ini.

Karena museum harus tutup, founder sekaligus pecinta kereta miniatur Frederik Braun dan timnya punya waktu luang. Makanya, mereka menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk bikin proyek kereta musikal ini.

‘Kereta Musikal’ museum di Jerman yang pecahkan rekor

Miniatur kereta ini berhasil pecahkan rekor ‘Guinness World Records‘ untuk melodi terpanjang yang dimainkan miniatur kereta. Tapi, kereta ini gak memainkan sembarang lagu, melainkan lagu hits klasik. Misalnya, ‘Radetzky March’ dari Strauss dan ‘Für Elise’ dari Beethoven.

Buat mewujudkan ini, Braun dkk. butuh sekitar 3.000 gelas wine dengan isi air yang mereka susun di sepanjang rel kereta. Begitu kereta melewati gelas-gelas, nadanya akan terdengar. Walaupun kelihatannya repot banget, pastinya proyek ini worth-it.

Ini gak sempurna, tapi kami mencoba mainin Verdi pakai gelas wine. Atau lebih lagi, Bolero, saat kamu cuma punya dua oktaf,” kata Braun.

Tantangan bikin proyek lockdown pemecah rekor

Braun dan timnya harus menyusun landscape miniatur warna-warni dari kota-kota seperti Hamburg dan Las Vegas untuk kereta pemecah rekor itu lewati.

Saat mereka sudah mengisi 3.000 gelas dengan level air yang benar, airnya mulai menguap, bikin suaranya jadi off-key alias fals.

Kami udah coba pakai plastic wrap buat tutupin permukaannya. Dan akhirnya kami menemukan bahwa minyak yang ringan bikin lapisan di atasnya dan mempertahankan airnya. Bahkan, penguapannya hampir tidak ada.” Braun menjelaskan upayanya.

Selain itu, mereka juga harus ‘putar otak’ buat memasang pemukul di kereta yang gak bakal bikin satupun gelasnya pecah, saat memainkan playlist 20 lagu klasik yang berbeda.

Rekor yang sulit terkalahkan

Kereta miniatur yang pecahkan rekor
via Guinness World Records

Rekor dunia ini adalah rekor besar. Ini gak bakal terkalahkan dalam waktu dekat, aku yakin itu.” kata Braun dengan pede.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya museum itu pecahkan rekor di ‘Guinness World Records’. Braun juga membanggakan set miniatur kereta api-nya yang terbesar di dunia, dengan total panjang lintasan 15.715 meter (9,76 mil).

Siapa yang berani pecahkan rekor ini selanjutnya?

Baca juga:

close

Gabut Lockdown, Mereka Pecahkan Rekor Dengan Kereta yang Bisa Main Musik!

Search
close