Kuku Terpanjang di Dunia Akhirnya Dipotong, Begini Penampakannya!

Kuku terpanjang di dunia akhirnya dipotong
access_time 4 bulan yang lalu

Perempuan dari Texas yang memecahkan rekor kuku terpanjang di dunia ini akhirnya bisa beraktivitas tanpa ada rasa takut lagi setelah memutuskan buat memotong kuku-kukunya itu.

Ayanna Wiliams dari kota Houston memecahkan Guinness World Record dengan kuku jari terpanjang pada tahun 2017. Waktu itu, panjang kukunya nyaris enam meter. Bahkan, Ayanna butuh sekitar dua botol nail polish dan 20 jam untuk melakukan satu kali manicure.

Butuh 30 tahun untuk merawat kuku terpanjang di dunia

Ayanna Williams dengan kuku terpanjang di dunia
Image credit: Ripley’s Believe It or Not!

Selama 30 tahun, ia menumbuhkan kukunya sampai jadi pemecah rekor dunia. Dengan waktu yang sangat panjang itu, sekarang Ayanna seperti menempuh hidup baru dengan kuku-kuku yang lebih pendek.

Walau begitu, keputusan ini gak gampang buat Ayanna. Dan juga, gak semudah itu untuk memotong kuku dengan panjang yang luar biasa ini. Sebelum memotongnya, ia melakukan perawatan manicure yang butuh sekitar tiga sampai empat botol nail polish. Gimana gak boros, ukuran terakhir kuku-kuku ini aja sekitar 7,3 meter!

Mengutip Ripley’s Believe It or Not, kuku yang sudah tumbuh sejak awal 1990-an ini akhirnya dipotong di kantor dermatologi Trinity Vista, Texas oleh Dr. Readinger. Alat untuk memotongnya juga bukan gunting kuku biasa, tentunya. Melainkan alat pemotong elektrik yang berputar kayak mesin gerinda, tapi buat kuku!

Lalu, apa selanjutnya?

kuku terpanjang di dunia akhirnya dipotong
Image credit: Ripley’s Believe It or Not!

Sebelumnya, banyak aktivitas yang gak bisa Ayanna lakuin selama beberapa dekade, seperti ngetik di HP, buka pintu, masuk mobil dengan cepat, cuci piring, dan masih banyak lagi. Setelah prosedur berjalan dengan lancar, ia langsung merasa lega.

Katanya juga, ia gak bakal numbuhin kukunya sepanjang itu lagi. Menurutnya, 15 cm sudah cukup, ya mungkin bisa agak lebih hemat buat manicure.

Benda kesayangannya yang ia anggap sebagai ‘babies‘-nya ini pantas mendapatkan suatu tempat di sejarah. Makanya, kuku super panjang ini bakal dipajang di Museum Ripley’s Believe It or Not di Orlando.

Ayanna Williams at Ripleys
Image credit: Ripley’s Believe It or Not!

Dengan maupun tanpa kuku, aku bakal tetap jadi ratu. Mereka gak menentukan diriku, tapi aku yang menentukan!” katanya kepada Guinness World Record.

Ada yang sanggup punya kuku sepanjang itu?

Baca juga:

close

Kuku Terpanjang di Dunia Akhirnya Dipotong, Begini Penampakannya!

Search
close