Fitur Apple iPhone 13 Makin Canggih, Ini Bocorannya!

iPhone 13 render
access_time 5 bulan yang lalu

Apple iPhone 12 sudah terjual dengan sukses, namun banyak pengguna yang melaporkan masalah-masalah dari gadget tersebut (termasuk masalah yang menyangkut kesehatan). Karena itu, rumornya perusahaan Apple mencoba membuat perubahan besar dengan iPhone 13 yang akan datang.

Apa yang baru dari Apple iPhone 13?

Pada video yang diupload oleh Filip Koroy (channel YouTube-nya ‘EverythingApplePro‘), ia sudah bekerja sama dengan Max Weinbach untuk membeberkan upgrade-upgrade apa aja yang dibuat Apple untuk produk barunya itu?

Design baru Apple iPhone 13

New Design iPhone13
via EverythingApplePro

Weinbach kasih tahu Koroy kalau Apple bakal nge-refine bagian belakang iPhone 13 Pro dengan ‘tekstur lebih grippy yang bikin sedikit lebih nyaman kalau dipegang’.  Bahkan, ia bilang bahwa hasilnya bakal mirip-mirip dengan seri Pixel dari Google.

Walaupun begitu, ia menekankan kalau desainnya gak bakal berubah drastis dari jajaran iPhone 12 kemarin.

Display iPhone 13 Pro

Apple, iPhone 13
always-on display concept image (EverythingApplePro)

Membahas soal display, Weinbach mengonfirmasi kalau mungkin upgrade yang paling ditunggu salah satunya bakal hadir di iPhone 13 Pro: Layar ProMotion 120Hz yang pakai teknologi LPTO OLED.

Teknologi ini sudah populer dan berhasil digunakan pada device Samsung Galaxy S21 yang baru.

Selain itu, Apple dikabarkan bakal menghadirkan fitur Always-on display. Tapi, masih belum jelas apakah fitur itu akan hadir juga di model non-Pro atau tidak.

Kamera pada Apple iPhone 13

Iphone 13 Camera
via EverythingApplePro

Ada tiga upgrade utama di sini. Seperti yang Koroy katakan, Apple bakal memperkenalkan mode Astrophotography saat mengarahkan iPhone 13 ke langit (seperti fitur pada merek saingannya).

Selanjutnya, kamera ultra-wide nya akan diberi peningkatan besar-besaran dengan sensor dan lensa baru.

Dan yang paling menarik adalah rumornya tentang mode portrait video. Dengan Apple15, kini hal itu bisa diwujudkan. Kita bakal bisa ngerekam video portrait dan ganti depth-nya nanti.

Fitur portrait video ini bakal jadi populer banget, sih.

MagSafe iPhone yang kontroversial

MagSafe on Iphone 13
via EverythingApplePro

Salah satu hal yang menjadi kontroversi di seri iPhone 12 lalu adalah MagSafe ini. Di seri yang akan datang, Weinbach bilang kalau magnetnya bakal lebih kuat.

Ya, memang banyak orang merasa kalau MagSafe di iPhone 12 gak cukup kuat buat nahan sambungannya, jadi upgrade ini bisa jadi hal yang bagus.

TAPI, MagSafe ini menimbulkan kontroversi yang besar. Pasalnya, magnet yang ada bisa mematikan alat pacu jantung ataupun defibrillator kalau diletakkan dekat dada. Ini bisa jadi sangat berbahaya bagi para pengguna alat kesehatan tersebut, apalagi kalau mereka gak tau kalau device ini bahkan bisa berpotensi mematikan.

Baca juga:

Bagaimana Apple bisa improve MagSafe tanpa naikin juga risiko ini, belum diketahui secara pasti.

Walaupun begitu, Apple iPhone 13 bakal menghadirkan peningkatan besar-besaran dari seri sebelumnya. Selain modem 5G baru, Touch ID yang lebih baik, Apple juga bakal ningkatin kemampuan Face ID yang lebih masker-friendly!

_

Jadi penasaran gimana rilisnya Apple iPhone 13 nanti!

close

Fitur Apple iPhone 13 Makin Canggih, Ini Bocorannya!

Search
close