Ariel Nayaka Rilis Single, Ajak Musisi Malaysia & Singapura

Ariel Nayaka Rilis Single Bilingual Baru, Gandeng Musisi Hip-Hop Malaysia dan Singapura
access_time 5 bulan yang lalu

Ariel Nayaka merilis track baru berjudul  “Orang Lain”

A. Nayaka kembali menghadirkan track bilingual.

Lagu tersebut berjudul “Orang Lain” dan melibatkan dua musisi hip-hop dari Malaysia dan Singapura, SonaOne dan YHB Sleepsalot.

Menurut nayaka, lagu ini fokus pada sisi positif perubahan.

Berubah jadi orang lain dalam artian berevolusi ke level baru dalam hidup masing-masing dan menemukan versi diri sendiri yang lebih baik—itu adalah hal yang bagus,” ujar Nayaka.

Terkadang, orang-orang menganggap bahwa perubahan—jika seseorang sudah berubah atau ketika seseorang sudah move on ke tahap selanjutnya dalam hidup—adalah hal yang buruk. Di track ini saya ingin bercerita tentang sisi positif dari perubahan.”

Baca juga: The Waves, Dokumenter Perjalanan Sub-Kultur Indonesia dari Era 90-an Hingga Hari Ini

Kerja sama tiga negara

Proses penggarapan materi ini tentu terbilang cukup unik (dan ribet) mengingat berlangsung antara 3 negara.

Awalnya Sona mengirim beat yang kemudian saya isi dengan hook dan satu verse. Rupanya, Sona juga mengirim beat yang sama kepada YHB, dan YHB pun hanya mengisinya dengan satu verse. Sona lalu terpikir untuk menggabungkan semuanya. Jadi kolaborasi ini sangatlah organik dan tanpa tekanan sama sekali,” papar Nayaka.

Mayoritas aspek dari lagu ini saya yang kerjakan. Mixing dilakukan oleh Sona, mastering oleh saya dibantu rekan. Cover art saya buat bersama seorang teman, video lirik pun demikian.

Lebih lanjut, rapper yang dikenal lebih sering menggunakan bahasa Inggris di lagu-lagu ini pun mengungkapkan alasannya menggunakan bahasa Indonesia.

Dulu saya lebih banyak bermusik dalam bahasa Inggris, tetapi kali ini saya tetap dengan beat trap/hip-hop mencoba memperbanyak bahasa Indonesia. Intinya, tak peduli bagaimanapun kita berubah, pada dasarnya kita tetaplah diri kita sendiri. Sejujurnya saya baru menyatukan inti dan pesan di balik lagu ini setelah lagunya selesai,” lanjutnya.

Baca juga: Abdee Slank, Dari Gitaris Jadi Komisaris

Materi bilingual dari Ariel Nayaka

Sebelumnya, Arien Nayaka juga sempat merilis track bilingual berjudul “Waktu Tiba.”

Single tersebut juga dibuat bersama SonaOne dan fokus tengan pentingnya self love.

Uniknya, Nayaka kini menghadirkan video musiknya dengan animasi. Video musik ini juga merupakan hasil kerja sama dengan sutradara Eddie Edzuan dan didesain oleh Cwnddien dari 33.3 Studios.

close

Ariel Nayaka Rilis Single, Ajak Musisi Malaysia & Singapura

Search
close