🤗Apa Itu Self Love dan Berbagai Aspek di Dalamnya

self love
access_time 6 hari yang lalu

Self love akhir-akhir ini banyak sekali dibicarakan di mana-mana. Ini karena adanya pengakuan bahwa masih banyak orang yang membenci diri sendiri akibat terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. Atau bisa juga karena ia kerap berbuat baik kepada orang lain, tapi lupa memikirkan diri sendiri. Nah, kamu yang merasa membutuhkan menyayangi diri sendiri dan ingin tahu lebih dalam tentangnya, bisa simak ulasan berikut. 

  • Pengertian self love  

self love
Via: AloDokter

Self love adalah perasaan bangga dan percaya diri atas kemampuan diri. Dengan cara ini, kamu bisa lebih menikmati hidup. Namun, menyayangi diri sendiri akan lebih sulit untuk dilakukan karena ada rasa bersalah dalam diri karena lebih mengutamakan kebutuhan hidup diri sendiri. 

  • Aspek dari self love  

Menyayangi diri sendiri ternyata mempunyai banyak aspek. Contohnya seperti di bawah ini. 

– Self awareness  

self love
Via: Suara

Sesuai dengan namanya, self awareness merupakan kesadaran diri sendiri yang berdasarkan pada sudut pandang dalam melihat suatu kejadian. Dengan adanya kesadaran ini, membuat kita menjadi berpikir dulu sebelum melakukan apapun. Sehingga, kita akan mengambil kesimpulan yang tepat dan bisa terhindar dari sebuah masalah. 

– Self worth 

self love
Via: Good Therapy

Untuk self worth, ini adalah bentuk kepercayaan diri kita terhadap nilai diri sendiri dan menambahkan kesadaran bahwa kita sangat berharga. Namun, kesadaran ini terlepas dari terlibat atau tidaknya pencapaian yang kita miliki. 

– Self esteem  

self love
Via: New Harbinger Publications

Hampir sama dengan self worth, self esteem melibatkan rasa kepuasan pada diri sendiri. Bedanya adalah self esteem lebih fokus pada kualitas diri kita sendiri terlepas dari kelebihan atau kekurangan yang dimiliki. 

– Self care 

self love
Via: LINE Today

Aspek satu ini lebih condong ke aktivitas untuk kebaikan diri sendiri. Contohnya saja seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga mengecilkan perut, menggunakan skincare, dan masih banyak lagi. 

  • Perbedaan dengan self reward  

self love
Via: Kompasiana

Saat ini, banyak yang menganggap kalau mencintai diri sendiri dan self reward adalah hal yang sama. Padahal keduanya, mempunyai perbedaan, tapi sama-sama penting untuk diri sendiri. Untuk self love adalah suatu cara untuk menerima diri sendiri secara utuh. Caranya bisa dengan memaafkan diri sendiri atau mengatakan hal positif kepada diri. Sedangkan self reward lebih kepada cara untuk memberi penghargaan kepada diri sendiri. Misalnya seperti membeli makanan, meluangkan waktu untuk me time, dan lain sebagainya. 

  • Mencintai diri sendiri yang bisa berubah menjadi toxic positivity 

self love
Via: The Psychology Group Fort

Kata toxic positivity juga kerap bermunculan di media sosial akhir-akhir ini. Bahkan, kata ini juga ternyata berhubungan dengan self love. Di mana seseorang merasa mencintai diri sendiri namun menolak masalah-masalah yang ada di depan mata. Misalnya saja ia mengalami obesitas, tapi merasa tidak perlu memperbaiki diri lantaran beranggapan bahwa itu adalah body positivity. Padahal, memperbaiki diri dengan menjaga pola makan dan berolahraga merupakan bentuk mencintai diri sendiri demi kesehatan. 

Jadi, supaya tidak terjadi toxic positivity seperti ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Adalah menerima segala kekurangan, tapi tetap berusaha semaksimal mungkin demi diri sendiri. Buatlah itu menjadi jalan untuk menjadi versi diri sendiri yang lebih baik ke depannya. 

Tips mencintai diri sendiri 

Untuk kamu yang ingin belajar cara mencintai diri sendiri, berikut adalah tipsnya. 

– Mengenali diri sendiri 

Via: Biro Psikologi Insan-Q

Cara pertama adalah kenali diri sendiri lebih dalam. Di mana kamu harus tahu bagaimana sifat, kelebihan, dan kekurangan yang ada pada diri. Jika ada hal buruk di dirimu, bisa segera perbaiki. Tak perlu terlalu cepat, asalkan proses perbaikan diri tetap ada. 

– Membandingkan diri secara bijak 

Via: AloDokter

Setiap orang pasti pernah membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini sebenarnya boleh saja, tapi disarankan tidak berlebihan. Pahami bahwa semua orang mempunyai start yang berbeda-beda. Jadi jangan kecewa apabila masih merasa dirimu di tahap yang itu-itu saja. 

– Menerima dan memaafkan diri 

Via: Tribun

Kamu juga perlu menerima dan memaafkan diri sendiri. Ingatlah jika setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan dipikirkan terlalu larut, jadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran di kemudian hari. 

Self love terkadang memang susah dijalankan karena terkendala suatu hal, karena sedang mengalami quarter life crisis. Namun, ini bisa dihilangkan dengan mengetahui beberapa aspek mencintai diri sendiri seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Yuk, cintai diri sendiri mulai sekarang! Jangan biarkan rasa tidak percaya diri terus menghantuimu. Mari kita berusaha untuk membuat diri menjadi versi yang lebih baik. 

close

🤗Apa Itu Self Love dan Berbagai Aspek di Dalamnya

Search
close