Apple Maps akan Tunjukan Lokasi Tes Covid-19

Source: Mashable
access_time 2 tahun yang lalu

New feature is on the way

Pengguna perangkat Apple akan lebih mudah menemukan titik tes COVID-19. Untuk merampungkan fitur tersebut, Apple pun tengah bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan untuk menghadirkan lokasi jelasnya di Apple Maps.

Dilansir dari 9to5Mac, perusahaan teknologi multinasional tersebut pun menyediakan portal bagi penyedia layanan tes COVID-19 untuk mendaftarkan lokasinya.

Supaya bisa terdaftar, penyedia layanan tersebut pun hanya harus mengunduh formulir aplikasi, mengisinya dan mengirimkannya ke Apple untuk ditinjau. Lokasi tes yang disetujui pun akan muncul di Apple Maps dengan ikon bintang seperti di bawah ini.

Once Apple approves a testing site, it'll show up right on the map.

Source: Mashable

Belum jelas informasi lain apa saja yang akan melengkapi fitur ini. Namun berdasarkan formulir aplikasinya, Apple akan menyertakan data standar seperti alamat, nomor telepon dan website dari masing-masing penyedia layanan tes.

Selain itu, sejumlah penjelasan tambahan juga akan tersedia, seperti tipe lokasi (drive-through, area terbuka atau gedung), juga informasi apakah layanan tersebut membutuhkan janji pertemuan terlebih dahulu atau tidak.

Sayangnya , Apple belum mengumumkan kapan fitur ini akan diluncurkan.

Mobile app vs. COVID-19

Penggunaan teknologi juga dilakukan pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran virus ini. Langkah ini direalisasikan dengan peluncuran aplikasi mobile bernama PeduliLindungi pada tanggal 30 Maret lalu.

Aplikasi tersebut mampu melacak penyebaran COVID-19 dengan memanfaatkan data lokasi penggunanya.

Langkah serupa juga diusung WHO dengan aplikasi mobile WHO MyHealth.

Lewat aplikasi tersebut, penggunanya bisa mengetahui berita, tips, peringatan dan informasi edukatif lainnya selama pandemi Corona berlangsung.

Tak ketinggalan, Snapchat juga menghadirkan dua fitur baru di aplikasinya. Pada fitur pertama, layanan video sharing tersebut menghadirkan filter baru berbentuk quiz untuk mengedukasi penggunanya dengan cara yang fun. Snapchat juga mendorong penggunanya untuk berdonasi lewat lensa augmented reality.

close

Apple Maps akan Tunjukan Lokasi Tes Covid-19

Search
close