WHO Luncurkan Aplikasi Covid-19 Hari Ini!

access_time 1 tahun yang lalu

Peran dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sangat penting sebagai sumber validasi dalam memberikan informasi tentang virus Corona. Maka dari itu, WHO berencana akan meluncurkan aplikasi khusus Covid-19 di Android, iOS, dan website. Nantinya aplikasi tersebut akan memuat berita, tips, peringatan, dan banyak lagi informasi untuk mengedukasi masyarakat selama pandemi ini berlangsung.

Aplikasi tersebut akan bernama WHO MyHealth yang diusulkan oleh tim ahli sukarela yang telah membentuk “WHO Covid App Collective“. Tim tersebut terdiri dari mantan karyawan Google, Microsoft, pakar industri teknologi, serta penasehat duta WHO.

14 Mitos Virus Corona yang Dibantah WHO - Cek Fakta Liputan6.com
Source: WHO

Berbagai fitur di dalamnya

Dilansir dari CNN Indonesia, aplikasi WHO MyHealth ini akan menawarkan notifikasi peringatan khusus kepada para penggunanya berdasarkan lokasi. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan fitur “triase mandiri” yang dapat membantu penggunanya mendiagnosis apakah gejala yang dialaminya cocok dengan tanda-tanda infeksi Covid-19.

Pihak WHO pun juga tidak hanya ingin sekedar memberikan informasi, tapi juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perjalanan virus tersebut dan bagaimana penyebarannya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk membantu masyarakat supaya tidak panik dan lebih aware dalam menjaga kesehatannya.

Waspada, 30 Aplikasi Android Ini Secara Diam-diam Mengumpulkan ...
Source: Tribun Bali

Pentingnya edukasi terhadap masyarakat

Selain itu, aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan Google Maps yang bisa mengetahui wilayah yang mungkin lo sudah melakukan kontak fisik dengan pasien Covid-19. Sehingga lo bisa lebih berjaga-jaga saat terpaksa harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Dengan peluncuran aplikasi dari WHO, setidaknya kita akan semakin teredukasi dengan sumber yang valid. Sehingga kita tidak mudah lagi tertipu dengan berita-berita hoax yang sering dilemparkan di group WhatsApp.

WHO juga diketahui sudah memberikan informasi rinci mengenai wabah Covid-19 melalui situs resminya dan chatbot WhatsApp. Diluncurkannya aplikasi ini tidak hanya akan membantu dalam mengatasi kesalahan informasi tentang virus Corona, tetapi juga membantu dalam memerangi wabah supaya masyarakat tetap aman.

Lo bisa download aplikasi WHO di sini.

close

WHO Luncurkan Aplikasi Covid-19 Hari Ini!

Search
close