🌞 7 Amalan Bulan Ramadan, Jalan Cepat Perbanyak Pahala

amalan bulan ramadan
access_time 3 bulan yang lalu

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan pahala. Maka dari itu, semua orang yang melaksanakan puasa di bulan ini berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Salah satu caranya adalah mengerjakan amalan bulan ramadan seperti di bawah ini. 

Membaca Al-Qur’an 

amalan bulan ramadan
Via: detikNews

Amalan bulan ramadan yang pertama adalah membaca al-qur’an. Bagi siapa saja yang fokus membaca kitab suci ini di bulan puasa akan mendapatkan fadhilah ibadah. Menariknya lagi, membaca al-qur’an pada bulan yang penuh berkah ini berbeda dengan hari biasanya. Ini disebabkan membaca satu huruf al-qur’an, dianggap setara dengan melakukan sepuluh kebaikan. 

Melakukan sedekah 

amalan bulan ramadan
Via: Pikiran Rakyat

Amalan selanjutnya adalah melakukan sedekah di bulan ramadan. Banyak riwayat yang mengatakan bahwa bersedekah di bulan suci ini akan menambah pahala menjadi berlipat-lipat. Kemudian, sedekah yang dilakukan tidak hanya berupa materi, lho. Kamu juga bisa bersedekah dengan memberi makan orang yang kurang mampu, mengajar anak-anak membaca al-qur’an, dan lain sebagainya. 

Memperbanyak berdoa 

amalan bulan ramadan
Via: Popbela

Di bulan penuh berkah ini, semua orang yang berpuasa memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Alasannya karena semua doa yang dipanjatkan akan diijabah oleh Allah SWT. Maka dari itu, hendaklah kamu berdoa sebanyak-banyaknya dan percayalah bahwa semua doa akan dikabulkan. 

Memperbanyak istighfar 

amalan bulan ramadan
Via: Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Berikutnya ada memperbanyak istighfar. Di mana istighfar merupakan salah satu jalan untuk menghapus dosa dalam sekejap. Apalagi ini adalah bulan ramadan yang penuh akan ampunan, maka ucapkan istighfar sebanyak-banyaknya. Supaya lebih afdol, lakukan amalan ini di waktu-waktu yang istijabah. Seperti saat berbuka, sepertiga malam terakhir, dan sahur. 

Memanfaatkan qiyamul lail di bulan ramadan 

amalan bulan ramadan
Via: Ihram Asia

Amalan bulan ramadan lainnya adalah memanfaatkan qiyamul lail. Bagi yang belum tahu, qiyamul lail merujuk kepada ibadah yang dilakukan pada malam hari di bulan ramadan. Misalnya saja seperti tahajud, witir, sunat taubat, dan masih banyak lagi. Dikutip dari hadist riwayat Imam Bukhari, bahwa siapa saja yang menjalankan amalan saat bulan puasa akan membuat dosa orang yang melakukannya diampuni. 

Fokus beribadah di 10 hari terakhir 

amalan bulan ramadan
Via: IDN Times

Kemudian, amalan yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu fokus beribadah di 10 hari terakhir. Mengapa 10 hari terakhir? Karena Allah SWT menjanjikan akan memberikan ampunan bagi siapa saja yang fokus beribadah di waktu tersebut. Di samping itu, menjalankan amalan satu ini bisa menunjukkan keseriusan dari hari-hari sebelumnya. 

Itikaf di masjid 

amalan bulan ramadan
Via: ayojakarta

Itikaf di masjid termasuk salah satu amalan yang dilakukan pada bulan ramadan. Makna dari itikaf ini sendiri adalah manusia yang lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Pada umumnya, orang yang berpuasa melakukan itikaf ini pada 10 hari terakhir di bulan ramadan. 

Demikian amalan bulan ramadan yang bisa kamu lakukan pada bulan penuh berkah ini. Dengan melakukan amalan ini, akan semakin memperbanyak pahala. Semoga kamu bisa menerapkannya di bulan puasa ini, ya. 

 

close

🌞 7 Amalan Bulan Ramadan, Jalan Cepat Perbanyak Pahala

Search
close