5 Cara Menambah Pahala Puasa di Tengah Pandemi!

access_time 1 tahun yang lalu

Menjalankan ibadah secara penuh dan teratur, tentu akan menambah pahala. Bahkan menurut Kitab Minhajul Muslim, setiap amalan dan perbuatan baik selama bulan Ramadhan akan diutamakan.

Bila amalan dan perbuatan baik itu dilakukan, artinya akan menambah pahala ibadah puasa yang lo jalankan saat ini.

Bahkan tertulis dalam hadits bahwa pada bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka. Barang siapa tidak memperoleh kebaikannya, maka dia tidak memperoleh apa-apa (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Nah, kira-kira amal dan perbuatan baik apa saja sih yang bisa lo peroleh untuk menambah pahala selama bulan suci Ramadhan ini?

Perbanyak Doa

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa
Source: Gawaher

Kalau doa jelas harus dilakukan, bahkan saat di luar bulan Ramadhan pun lo harus perbanyak doa dan ingat shalat lima waktu.

Karena ibadah puasa tidak akan lengkap dengan hadirnya doa. Justru perbanyak doa saat puasa adalah sarana umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sholat Tarawih

Ini Bacaan Niat Shalat Tarawih di Rumah dan Tata Caranya ...
Source: detikNews

Nyatanya, menjalankan ibadah sholat Tarawih akan menambah pahala lo. Setelah berbuka puasa bersama keluarga di rumah, bukan berarti ibadah satu hari itu selesai.

Jangan lupakan rangkaian ibadah lo hari itu dengan sholat Tarawih. Sebelum adanya pandemi ini, setiap orang masih bisa menjalankan sholat Tarawih berjamaah di masjid.

Namun, pandemi tidak menghalangi lo untuk tetap menjalankan sholat Tarawih meski hanya dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan menjalankannya, bukan hanya mendapat pahala, tapi dosa lo juga akan diampuni.

Perbanyak Amal Sholeh

Source: Giphy

Selama menjalankan ibadah puasa, lo dianjurkan memperbanyak amal kebaikan. Karena dengan lo menjalankannya, amal di bulan suci ini akan dilipatgandakan pahalanya.

Seperti pada hadits “Dia yang berpuasa Ramadhan, karena iman dan berharap untuk pahala (dari Allah) maka dosa masa lalunya diampuni.” Al-Bukhari dan Muslim.

Perbanyak Sedekah

Sedekah yang Ditolak Allah | galamedianews.com
Source: Galamedianews

Memasuki bulan Ramadhan ini, salah satu kegiatan ikonik yang sering kita lihat adalah sedekah di bulan ramadan. Dengan cara ini, lo juga bisa menambah pahala puasa di bulan Ramadhan karena sedekah adalah amal mulia yang selalu dianjurkan Rasulullah.

Walaupun sedang menghadapi wabah Covid-19, tidak menutup kemungkinan lo untuk bersedekah. Salah satu contoh mudah dengan memberikan makanan bagi masyarakat kurang mampu walau hanya bisa berinteraksi dari dalam mobil.

Lebih Sering Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur'an Dengan Langgam Jawa | Konsultasi Agama dan Tanya ...
Source: CNN Indonesia

Karena sedang menerapkan Work From Home (WFH), setidaknya lo jadi punya waktu lebih banyak untuk meningkatkan intensitas membaca Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an juga menjadi salah satu aktivitas yang dianjurkan selama bulan puasa. Dengan membaca Al-Qur’an, lo akan mendapatkan pahala dua kali lipat.

_

Nah, sekarang lo jadi tahu kan kalau pandemi tidak menghalangi lo untuk bisa menambah pahala selama bulan Ramadhan ini. Yuk, lakukan lima cara di atas untuk menambah pahala lo!

close

5 Cara Menambah Pahala Puasa di Tengah Pandemi!

Search
close