818 Tequila Kendall Jenner Dikecam, Kenapa Sih?

Tequilla by Kendall Jenner
access_time 7 bulan yang lalu

Kendall Jenner baru-baru ini jadi buah bibir orang-orang di Internet setelah dia baru saja memperkenalkan brand minuman beralkohol yang baru ia dirikan, 818 (@drink818). Ini dimulai dari saat ia memposting beberapa foto dan video tentang brand-nya itu.

Postingan itu isinya video Kendall yang sedang ‘testing party‘ bersama teman-temannya.

Kalau kita scroll di bagian komentar, banyak warga internet ‘membanjiri’ comment section itu. Ada komentar-komentar yang mendukung (terutama dari teman-temannya), tapi banyak juga komentar yang nge-kritik merek tequila buatannya itu.

Baca juga:

Orang-orang ninggalin komentar semacam “jadi yang Lo lakuin itu cuma icip-icip tequila yang orang lain buat sampe Lo nemu yang paling Lo suka?” dan juga “Seperti yang kita tau, Tequila beneran itu dari Mexico.”

Keluarga Kardashian memang tak henti-hentinya menuai kontroversi dari banyak orang di seluruh dunia. Apalagi dengan segala bisnis yang mereka punya, orang biasanya merasa itu cuma ‘privilege‘ mereka sebagai selebriti. Orang-orang punya hak buat suka atau gak suka.

Kendall Jenner
via GettyImages

Setelah kita perhatikan, komentar-komentar ‘kritik’ itu kira-kira isinya begini:

“Itu bukan Tequila beneran, yang beneran itu dari Meksiko”

Banyak negara di dunia yang punya regulasi strict banget tentang pembuatan dan pelabelan produk asal negaranya. Meksiko, yang merupakan asal minuman beralkohol ini, juga punya peraturannya sendiri dalam pembuatan dan pelabelan tequila.

Kita bisa sebut minuman sebagai ‘tequila’ kalau pembuatannya udah ikutin parameter tertentu, termasuk tempat dibuatnya, bahannya, dan metode distilasi-nya. Menurut instagram 818, nona Jenner bikin tequila ini pakai 100% agave biru hasil distilasi dari Jalisco, Meksiko.

Jadi, harusnya ini tequila beneran atau bukan?

“Kendall Jenner ngelakuin appropriation ke budaya Meksiko!”

mexican agave
via CultureTrip

Gak jarang kita temuin kabar tentang cultural appropriation yang ada di mana mana. Biasanya, orang marah saat seseorang memanfaatkan budaya yang bukan miliknya, demi profit semata.

Seorang pengguna Twitter menjelaskan bahwa kebanyakan orang asing mencari produk agave biru (bahan dasar tequila) asli Meksiko, tapi tidak bayar para pekerja Meksiko secara pantas. Terlebih lagi, mereka gak menghargai kekayaan sejarah minuman tersebut.

Sesuatu tentang Kendall Jenner bikin tequila menggangguku banget. Seperti ide bahwa seleb kulit putih ngambil dari pengrajin lokal Meksiko dan ngambil profit dari tradisi dan bisnis agrikultural kita, tapi datang ke tempat seperti Cabos dan Puerto Vallarta buat liburan hanya buat liburan.” tulis akun @estyledesma.

_

Gimana menurut kalian tentang kontroversi isu ini?

close

818 Tequila Kendall Jenner Dikecam, Kenapa Sih?

Search
close