Robot NASA Berhasil Mendarat di Mars untuk Cari Jejak Kehidupan!

Robot NASA Berhasil Mendarat di Mars untuk Cari Jejak Kehidupan!
access_time 2 minggu yang lalu

Enam bulan perjalanan dari bumi, Perseverance, robot Nasa berhasil mendarat di Planet Mars 19 februari.

Perseverance berhasil mendarat di wilayah favorit NASA di Mars, di Kawah Jezero, Utara Ekuator Mars, Wilayah ini disebut Isidis Planitia.

Kabar ini diketahui beberapa waktu lalu, tepatnya pada pukul 15.48 waktu timur. Ketika itu,  pusat operasi misi di Jet Propulsion Laboratory NASA dekat Pasadena, California akhirnya menerima kabar kalau Perseverance udah berhasil masuk ke puncak atmosfer.

Kabar ini mengisi ruangan itu dengan tepuk tangan dan kegembiraan.

Baca juga: Trailer Mortal Kombat Dirilis, Hadirkan Tampilan Penuh Joe Taslim Sebagai Sub Zero

Foto pertama dari mars

Kabar pendaratan ini juga Nasa sampaikan lewat laman mereka yang mengundang orang-orang untuk partisipasi dalam misi mereka.

Sesampainya, robot Nasa langsung kirim foto pertama dari Mars.

Saat ini, Mars dan Bumi berjarak 126 juta mil. Sinyal radio yang bergerak dengan kecepatan cahaya, butuh waktu lebih dari 11 menit dari sana ke sini. Jadi, dari pesan pendaratan yang dikirim dan akhirnya sampai ke bumi udah empat menit robot itu mendarat di Mars.

Baca juga: Train To Busan Versi Hollywood Akan Disutradarai Timo Tjahjanto dari Indonesia

Misi Nasa Cari Jejak Kehidupan di Mars

Selama tiga bulan pertama Perseverance di permukaan Mars, tim ilmuwan dan insinyur bakal bekerja dengan waktu Mars. Dimana satu hari di Mars hampir 40 menit lebih lama di Bumi.

Mereka harus kerja dengan waktu yang sama dengan Mars supaya lebih efektif.

Selama di Mars, robot Nasa ini bakal melakukan perjalanan 15 km menyusuri delta sungai  Jezero selama satu tahun (dua tahun di Bumi).

Sesuai dengan misi awal, 43 tabung yang udah dibawa sebelumnya untuk mengumpulan batu dan tanah Mars. Tujuannya untuk mengisi dan meletakkan 15 hingga 20 di antaranya di akhir tahun pertama untuk diambil pesawat ruang angkasa masa depan.

Baca juga: Hujan Deras, Peringatan Dini BMKG: Jakarta Siaga Banjir

Kunjungan lainnya dari Bumi ke Mars

Gak cuma perseverance, sebelumnya udah ada dua robot yang lebih dulu mengunjungi planet merah ini. Minggu lalu, Hope dari Uni Emirat Arab dan Tianwen-1 dari Cina juga berhasil masuk ke orbit Mars.

Kalau ada satu hal yang kami ketahui, pendaratan di Mars itu gak mudah,” Kata Associate Administrator Nasa,

Tapi sebagai penjelajah Mars kelima NASA, Perseverance punya silsilah teknik dan tim misi yang luar biasa. Kami senang sekali untuk mengundang seluruh dunia untuk berbagi acara menarik ini dengan kami

close

Robot NASA Berhasil Mendarat di Mars untuk Cari Jejak Kehidupan!

Search
close