Begini Cara ‘Work From Home’ yang Produktif

access_time 2 tahun yang lalu

Sejak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengumumkan untuk bekerja dari rumah, banyak kantor yang sudah mulai ikut menerapkan sistem ‘work form home‘. Melihat pengumuman ini, sepertinya memang ini yang diinginkan setiap karyawan saat bekerja di kantor dari dulu. Tidak perlu bangun pagi-pagi, tidak perlu macet-macetan, tidak perlu stress karena pressure di kantor, dan bisa leyeh-leyeh di rumah.

Walaupun bekerja dari rumah, tapi kita harus tetap produktif nih dalam bekerja supaya hasilnya tetap maksimal. Ya ini memang tidak boleh dilupakan karena perusahaan sudah baik ke kita, boleh kerja di rumah dan tetap digaji pula.

Dengan diterapkannya sistem work from home, artinya kita diminta untuk tetap menjaga kesehatan kita dan jangan malas-malasan. Begini cara yang tepat untuk melakukan work from home yang santai tapi tetap produktif. Here we go!

Bangun Tidur Dengan Tenang

Image result for bangun tidur
Source: Hello Sehat

Hari ini, lo udah tau akan kerja di rumah. Bangun tidur jangan langsung kepikiran kerjaan, santai saja. Kumpulin nyawa dulu biar lo bisa menjalani hari dengan fit dan bersiap untuk berkonsentrasi saat bekerja.

Walaupun kerja di rumah, main handphone juga tidak diharamkan kok. Scroll-scroll Instagram dan Twitter juga boleh untuk refreshing pagi lo. Paling tidak, lo bangun tidur tidak langsung memikirkan kerjaan.

Harus Tetap Mandi

Image result for mandi
Source: Kompas

Mandi itu penting! Ingat, kita kerja di rumah biar bisa menjaga kesehatan, bukan jadi jorok. Walaupun tidak dikejar-kejar waktu, setidaknya lo bisa mandi dengan tenang.

Lagi pula, kalau lo mandi sebelum aktivitas, itu bisa membuat tubuh lebih segar dan bikin tidak mengantuk. Apalagi buat lo yang bangun tidur suka berkeringat, badan lengket pasti karena minyak-minyak menempel di tubuh.

Tidak ada ruginya juga mandi walaupun libur hehe.

Sarapan, Biar Otak Bekerja dengan Baik

Image result for sarapan
Source: Marketeers

Emang bisa kerja tapi tidak makan dulu sebelumnya? Pasti konsentrasi lo akan bubar saat perut sudah mulai keroncongan. Selain untuk menambah konsentrasi, sarapan juga bisa menambah tenaga untuk lo beraktivitas seharian.

Saat menjalankan aktivitas di rumah, otak kita juga akan bekerja jika ada tenaga. Kalau tidak ada tenaganya, ya tidak bisa bekerja dan mengantuk. Alhasil bisa bikin kerjaan lo banyak salah atau typo waktu mengetik.

Jangan Coba-Coba Menyentuh Kasur

Image result for work from bed
Source: Daily Express

Nah, ini adalah hal yang paling vital. Jangan coba-coba mendekati kasur atau bahkan kerja di kasur. Dijamin pasti bikin lo lengket sama bantal, guling, dan selimut. Kalau bisa sih kerja di meja makan atau kalau ada meja belajar akan lebih baik.

Selain menghindari ngantuk, bekerja di kasur juga tidak baik buat kesehatan. Terutama punggung karena posisi tubuh yang melengkung dan bungkuk bisa merusak pertumbuhan bentuk tubuh.

Selain itu, kalau kalian di kasur pasti akan memangku laptop kalau tidak punya meja lipat. Faktanya, memangku laptop bisa berbahaya karena menimbulkan radiasi dari laptop yang bisa mengurangi pelepasan melatonin yang membantu kita untuk tidur. Jadi lo akan susah tidur ketika terlalu sering bekerja sambil memangku laptop.

Bikin Playlist Lagu yang Bikin Semangat

Image result for mendengarkan musik
Source: Hello Sehat

Terakhir, biar waktu bekerja lo tidak kesepian, wajib banget buat bikin playlist yang isinya lagu-lagu upbeat supaya lo ikut semangat kerjanya. Tidak harus upbeat sih, yang penting itu adalah lagu-lagu favorit lo. Mumpung kerja di rumah, jadi lo bisa kerja sambil nyanyi-nyanyi sesuka hati.

Contohnya kayak gue nih, udah bikin playlist isinya lagu-lagu yang bisa gue nyanyiin semua.

_

Semoga dengan cara-cara di atas, lo bisa tetap produktif ya walaupun harus kerja dari rumah. Buat yang tidak bisa kerja di rumah dan harus tetap ke kantor, semangat!

close

Begini Cara ‘Work From Home’ yang Produktif

Search
close