Yunani Persilakan Masuk Turis yang Sudah Vaksin, Mulai Kapan?

Greece
access_time 4 bulan yang lalu

Sudah siap untuk liburan? Tapi ini khusus buat yang udah vaksin aja, lho. Yunani berencana membuka kembali pintu pariwisatanya.

Pembukaan ‘gerbang’ bagi wisatawan ini akan mereka lakukan Mei mendatang. Hal ini bertujuan menghidupkan kembali salah satu industri yang paling terdampak oleh adanya pandemi corona.

Tahun terburuk dalam beberapa dekade bagi dunia pariwisata Yunani

buildings near ocean, Yunani
via Unsplash

Pandemi tahun 2020 mencetak rekor sebagai tahun terburuk bagi pariwisata global menurut Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO). Bahkan tercatat hanya 7,4 juta orang yang bepergian ke negara latar film ‘Mamma Mia!’ ini. Angka ini turun dari tahun sebelumnya dengan 31,3 juta pengunjung.

Sektor pariwisata selama ini menyumbang seperlima perekonomian Yunani. Karena ini, pendapatan mereka turun menjadi US$4,81 miliar pada tahun 2020. Pada 2019, pendapatan mereka berada di angka US$ 18 miliar.

Kami akan memiliki tahun yang lebih baik dari tahun lalu,” kata Menteri Pariwisata Harry Theoharis pada pidatonya hari Minggu dari museum Acropolis, tempat dari banyak patung-patung zaman kuno.

Dibukanya negeri mitologi bulan Mei nanti

Parthenon, Greece
via Unsplash

Yang Anda butuhkan hanyalah Yunani,” kata Harry Theoharis.

Ketika program vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia sedang berlangsung, negeri mitologi itu mengandalkan catatannya dalam penanganan pandemi untuk menarik calon-calon wisatawan.

Selain itu, Yunani akan menetapkan aturan yang sama dengan negara-negara lainnya di Eropa. Mereka akan mengadopsi kartu digital yang menunjukkan apakah seseorang sudah vaksinasi. Sehingga, mereka dapat melakukan perjalanan selama musim panas.

Orang-orang yang divaksinasi, telah dites negatif atau pulih dari penyakit dan memiliki antibodi dipersilakan ke Yunani dan kami akan menyambut mereka terlepas dari kesepakatan apa pun,” kata Theoharis kepada Reuters.

Lonjakan kasus baru dan krisis ekonomi

assorted concrete houses, Yunani
via Unsplash

Yunani, dengan populasi 11 juta, telah mencatat tujuh ribu kematian dan kembali terkunci setelah lonjakan kasus baru menekan sistem kesehatan yang melanda krisis ekonomi.

“Gelombang kedua yang meanda seluruh Eropa kira-kira pada akhir Oktober, awal November, datang ke sini pada waktu yang sama, bahkan mungkin beberapa minggu kemudian,” lanjut Theoharis.

Kini, penduduk di beberapa pulau telah menjalani vaksinasi dan Yunani berencana untuk memvaksin semua pekerja pariwisata pada musim panas, setelah kelompok rentan rampung vaksin.

Baca juga:

close

Yunani Persilakan Masuk Turis yang Sudah Vaksin, Mulai Kapan?

Search
close