Wisuda Undip Digelar dengan Menggunakan Robot

Wisuda Undip Digelar dengan Menggunakan Robot (foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)
access_time 1 tahun yang lalu

Demi wisuda tanpa berkerumun, Universitas Diponegoro (Undip) manfaatkan teknologi robot untuk wisuda

Pandemi memicu perubahan di pola aktivitas di ruang publik. Salah satunya di dunia pendidikan. Universitas Diponegoro (Undip) membuktikan hal tersebut.

Untuk menghindari interaksi langsung, Undip menggelar wisuda dengan menggunakan robot. Setidaknya ada tiga robot langsung mengikuti wisuda tiga jenjang pendidikan sekaligus. Yakni sarjana, pascasarjana bahkan doktor, Senin hingga Kamis (30/7).

Ketiga robot tersebut mewakili 2.561 wisuda yang melaksanakan wisuda secara daring.

Wisuda Undip Digelar dengan Menggunakan Robot (foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)
Wisuda Undip Digelar dengan Menggunakan Robot (foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)
Baca juga: Physical Distancing: Pelajar Jepang Gelar Wisuda Pake Robot

Robot wisuda Undip dirancang oleh sarjana teknik universitas tersebut

Adalah Rofiq C. Prayoga, yang merancang ketiga robot tersebut. Ia diketahui adalah alumni tim robotik Undip yang juga merupakan sarjana teknik.

Pembuatan robot, merupakan inisiasi rektor yang berharap prosesi penyerahan ijazah tetap bisa dilakukan kendati wisudawan berada di tempat lain.

Robot pertama kali keluar. Jadi belum ada nama, hanya kita sebut robot wisudawan. Robot dibuat dua jurusan dan dalam waktu 1 bulan,” tambah Rofiq, dilansir dari Liputan6.com.

Baca juga: Robot Ini Terpilih Jadi Pemeran Utama Film Hollywood

Meski menggunakan robot, wisudawan dan wisudawati Undip tetap bisa berkomunikasi

Robot ini dapat dikendalikan dengan remot dari sudut ruangan juga menjadikan wisudawan tetap bisa berkomunikasi dengan Rektor Undip.

“Karena yang komunikasi rektor dengan wisudawan lewat daring, jadi di bagian wajah kita pasang tablet dengan layar cukup besar. Dengan begitu rektor bisa tanya jawab dengan wisudawan,” ujarnya.

Bukan cuma itu, robot-robot ini juga didandani sesuai dengan identitas wisudawan/wisudawati yang diwakilkan.

Robot wisudawan didandani dengan pakaian lengkap edngan celana hitam, sementara wisudawati memakai kain jarik bermotif cerah. Semua robot tersebut pun dilengkapi dengan jubah hitam dan toga, seperti yang biasa dikenakan peserta wisuda pada umumnya.

Baca juga: Melihat Reaksi Mahasiswa Papua, dari Wawancara BBC Indonesia

Wisuda menggunakan robot juga dilakukan di universitas di Jepang

Wisuda menggunakan robot seperti yang dilakukan di Universitas Diponegoro ini sebelumnya pernah dilakukan juga di Jepang, tepatnya di Business Breakthrough University (BBT University).

Proses wisuda tersebut diwakilkan oleh empat lulusan dari dua departemen yang mengoperasikan robot bernama ‘newme.’

Robot tersebut memiliki display screen yang menunjukan wajah masing-masing pengendali robot, dengan ‘tangan’ untuk menerima sertifikat kelulusan para peserta wisuda.

Untuk menjaga ‘vibe’ wisuda, semua robot tersebut pun dilengkapi dengan baju dan toga wisuda.

Sementara itu, para peserta wisuda lainnya nggak harus dateng secara langsung dan berinteraksi tatap muka. Seluruh pelajar pun bisa menyaksikan dan mengomentari prosesi wisuda ini dari rumah masing-masing, dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Source: BBT University

Tanggapan lo tentang gelaran wisuda Universitas Diponegoro menggunakan robot ini? Tell us what you think in the comments below!


close

Wisuda Undip Digelar dengan Menggunakan Robot

Search
close