Wisuda ITS Digelar Lewat Minecraft!

Wisuda ITS Digelar Lewat Minecraft!
access_time 12 bulan yang lalu

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gunakan Minecraft untuk hindari interaksi langsung ketika wisuda

Menghindari interaksi karena pandemi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar wisuda dengan Minecraft. Iya, Minecraft, lo nggak salah baca kok.

Baca juga: Wisuda Undip Digelar dengan Menggunakan Robot

Gedung Graha Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dibangun di Minecraft

Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS dibangun kembali di game Minecraft demi jalannya proses wisuda.

Salah satu pengembang Wisuda Minecraft Hadziq Fabroyir menjelaskan pembangunan Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual tersebut menggunakan Minecraft Education Edition yang telah dilanggan oleh ITS.

Dengan menggunakan itu, dirinya bersama dengan 14 orang lainnya yang menyukai permainan ini berinisiatif membuat bangunan virtual khusus untuk memeriahkan wisuda yang seharusnya digelar secara luring pada Maret 2020 ini,” sebagaimana yang dikutip dari situs ITS, Senin (3/8/2020).

Sebanyak 570 mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) melaksanakan prosesi wisuda secara daring dari tempat tinggal masing-masing.

Baca juga: Physical Distancing: Pelajar Jepang Gelar Wisuda Pake Robot

Sementara ITS menggelar wisuda lewat Minecraft, Undip gunakan Robot untuk wisuda

Nggak kalah dengan ITS, ada pula Universitas Diponegoro (Undip) yang menggelar wisuda dengan menggunakan teknologi robot.

Setidaknya ada tiga robot langsung mengikuti wisuda Undip tiga jenjang pendidikan sekaligus. Yakni sarjana, pascasarjana bahkan doktor, Senin hingga Kamis (30/7). Ketiga robot tersebut mewakili 2.561 peserta wisuda lain yang melaksanakan prosesi tersebut secara daring.

Robot ini dapat dikendalikan dengan remot dari sudut ruangan juga menjadikan wisudawan tetap bisa berkomunikasi dengan Rektor Undip.

Bukan cuma itu, robot-robot ini juga didandani sesuai dengan identitas wisudawan/wisudawati yang diwakilkan.

Robot wisudawan didandani dengan pakaian lengkap edngan celana hitam, sementara wisudawati memakai kain jarik bermotif cerah. Semua robot tersebut pun dilengkapi dengan jubah hitam dan toga, seperti yang biasa dikenakan peserta wisuda pada umumnya.

Baca juga: Robot Ini Terpilih Jadi Pemeran Utama Film Hollywood

Tanggapan lo tentang gelaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggunakan Minecraft ini? Tell us what you think in the comments below!


close

Wisuda ITS Digelar Lewat Minecraft!

Search
close