Wikipedia Keluarkan Versi Premium, Comot Konten Harus Bayar?

Wikipedia Illustration
access_time 2 bulan yang lalu

Wikipedia bakal mengeluarkan layanan berbayar yang dibuat oleh The Wikimedia Foundation. Perusahaan itu mengumumkan tentang adanya layanan ini dalam sebuah artikel Wired.

Dengan adanya layanan ini — yang mereka namakan Wikimedia Enterprise –, foundation tersebut menawarkan pilihan baru bagi perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan data dari Wikipedia. Perusahaan-perusahaan ini termasuk Google dan Facebook.

Pengguna biasa Wikipedia gak perlu khawatir untuk bayar

Wikipedia: Imagine a World Without Free Knowledge
Image: Reuters/Yves Herman

Wikimedia Enterprise gak akan mengubah cara kerja layanan Wikipedia yang dari dulu sampai sekarang sudah kita pakai. Tapi, mereka hanya menambahkan tawaran bagi banyak perusahaan, khususnya perusahaan besar.

Pengguna biasa Wikipedia gak perlu khawatir, soalnya kalian tetap bisa mengakses layanan gratisnya secara bebas.

Masalahnya, banyak layanan-layanan baru yang berbasis informasi dari Wikipedia tanpa memberikan kredit. Meski begitu, ada juga perusahaan ataupun orang yang menawarkan donasi sebagai ‘barter’ dari layanan gratis ensiklopedia 300 bahasa itu.

Jadi, layanan berbayar yang menargetkan pada perusahaan-perusahaan besar ini adalah proyek baru untuk menambahkan pemasukan dari ensiklopedia tersebut. Karena hingga saat ini, Wikipedia dapat bertahan dari mengandalkan dana donasi.

Wikimedia menekankan kalau ini bukan ‘paksaan’ bagi perusahaan besar untuk bayar

Wikipedia

Ada banyak sekali layanan internet yang berjalan atas dukungan Wikipedia. Contohnya, Google yang memakai informasi dari ensiklopedia gratis itu, layanan voice assistants seperti Alexa dan Siri.

Walau begitu, halaman FAQ Wikimedia menekankan kalau Enterprise ini gak ‘memaksa perusahaan besar untuk bayar’. Melainkan, layanan ini bisa bantu menyelesaikan masalah-masalah umum yang bisa terjadi pada perusahaan tersebut.

Salah satu layanan yang nantinya bakal tersedia adalah tampilan pengeditan yang diperiksa komunitas andal. Hal ini mencegah adanya artikel palsu, atau yang bersifat menghina dalam platform mereka sendiri.

Misi Wikimedia untuk tetap memberikan akses gratis ke pengetahuan

Wikipedia Photo
via Mashable

Dalam esainya, tim Wikimedia Enterprise menyatakan kalau mereka ingin menyeimbangkan realitas komersial dengan misi untuk memberikan akses gratis pengetahuan.

Mereka menekankan value yang mereka berikan pada perusahaan-perusahaan profit besar.

Kami mau orang-orang seluruh dunia untuk memakai, membagikan, menambahkan, dan me-remix Wikipedia… Pada waktu bersamaan, kami mendorong perusahaan-perusahaan yang menggunakan konten Wikimedia untuk ‘memberi kembali’ demi keberlanjutan.” tulisnya.

Baca juga:

close

Wikipedia Keluarkan Versi Premium, Comot Konten Harus Bayar?

Search
close