WFH Bikin Gak Produktif, Coba Ikutin Do’s and Don’ts Ini!

WFH Bikin Gak Produktif, Coba Ikutin Do's and Don'ts Ini!
access_time 3 bulan yang lalu

Do’s and Don’ts : Work From Home, coba tips ini biar lebih produktif dan ‘cinta’ WFH

WFH bikin gak produktif seolah menjadi stigma atau alasan sebagian besar orang. Tanpa terasa pandemi sendiri sudah terjadi selama satu tahun dan selama itulah orang mulai menjalankan WFH.

Menariknya WFH seolah memecah netizen ke dalam dua kubu, yaitu pro WFH dan pecinta WFO.

Mereka yang pro WFH menyebutkan kalau kerja dari rumah secara waktu jauh lebih efisien, pasalnya mereka tidak harus berkutat dan membuang waktu bermacet-macetan di jalan.

Di sisi lain, WFH juga menghemat biaya secara lebih signifikan. Mulai dari uang ongkos sampai dengan uang ‘jajan’. Kemudian WFH juga secara tidak langsung membuka mata bahwa ‘kerja’ tidak selalu harus di kantor.

Namun sayang, tidak sedikit juga yang merasa WFH bikin gak produktif dan terkadang membuat performa kerja menjadi keteteran.

Nah, pada do’s and don’ts kali ini, USS FEED akan memberikan jalan keluar buat lo yang selama ini kesulitan bekerja dari rumah.


Do’s Work From Home

Tentukan jam kerja dan ikuti jadwal tersebut

Tentukan jam kerja dan ikuti jadwal tersebut
via Medium.com

Dengan menentukan jam kerja dan terus mengikuti jadwal tersebut, secara tidak langsung Lo membantu otak untuk membedakan jam kerja dan jam beristirahat.

Sebagai contoh, Lo bisa mengikuti jam kerja saat harus ke kantor dan berhenti setelah jam kerja berakhir. Jangan terlalu overwork.

Kuncinya adalah keseimbangan antara waktu bekerja dengan waktu santai.

Catat hal yang harus dikerjakan hari itu

Catat hal yang harus dikerjakan hari itu
via Pinterest

Untuk membantu Lo lebih fokus, pastikan untuk selalu membuat ‘to-do list’. Caraini menjadi salah satu kunci penting untuk memastikan semua pekerjaan tidak terlewat.

Hal ini juga membantu lo untuk mengerjakan sesuatu berdasarkan prioritas. Jadi lo tidak mudah tergoda oleh peliharaan, YouTube atau sosial media.

To-do list ini bisa dibuat setiap malam sebelum memulai hari berikutnya!

Ingat waktu makan dan ‘ngemil’

Ingat waktu makan dan 'ngemil'
via Onedio

Meski terkesan tidak penting,ย  konsumsi makanan di waktu yang tepat dapat membantu Lo untuk memiliki energi yang cukup mlewati hari.

Salah satu tips utama adalah selalu menyediakan air minum dekat tempat Lo bekerja. Kemudian persiapkan sarapan, atur alarm untuk makan siang dan waktu beristirihat.

Ada baiknya untuk makan sedikit-sedikit namun sering, dengan begitu Lo akan selalu refresh dan tidak mengantuk.

Berikan batasan untuk ‘pekerjaan’

Berikan batasan untuk 'pekerjaan'

Berikutnya adalah dengan memberikan batasan untuk pekerja. Terutama memisahkan waktu kerja dengan kegiatan personal sama di rumah.

Sama seperti halnya saat bekerja dari kantor, tinggalkan pekerjaan setelah selesai jam bekerja. Tips next levelnya, coba pisahkan area WFH dengan area beristirahat.

Setelah waktunya lewat, tinggalkan area WFH dan beraktivitaslah seperti sewajarnya saat dirumah. Sesibuk apapun, jangan biarkan batasan ini menjadi longgar.

Mengingat ‘menjaga’ kewarasan saat bekerja juga menjadi faktor krusial.

Optimalkan pengaturan area WFH

Optimalkan pengaturan area WFH
via Gyfcat

Faktor penting lainnya adalah memastikan setinggan kerja yang terbaik. Mulai dari tempat duduk, ergonomis meja dan beberapa perintilan lainnya.

Jelaskan kepada orang yang ada di rumah untuk tidak menggangu selama jam kerja

Jelaskan kepada orang yang ada di rumah untuk tidak menggangu selama jam kerja
via Tenor

Salah satu distraksi yang sering terjadi adalah gangguan dari orang sekitar. Oleh karena itu, informasikan kepada mereka untuk bisa menghargai waktu Lo bekerja dan mencegah mereka untuk ‘nge-gerecokin’ lo.

Beristirahat sejenak dan lakukan hal bermanfaat

Beristirahat sejenak dan lakukan hal bermanfaat
via Fat Man Slimz

Mengambil waktu break adalah salah satu faktor penting. Saat melakukannya Lo bisa mencoba ‘workout santai’. ngobrol dengan orang serumah atau sebagainya.

Pastikan lo dapat menghirup udah segerak, bergerak dan keluar dari area WFH. Setelah merasa segar, kembali ke ruang kerja dengan postur yang tepat agar lebih produktif.


Don’ts saat Work From Home

Jangan di depan layar 24/7

Jangan di depan layar 24/7
via Pinterest

Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang jam kerja WFH lebih panjang, namun jangan sampai Lo berada di depan layar tanpa mengenal waktu.

Selain berbahaya bagi kesehatan, hal tersebut juga akan membua Lo burnout dan kehilangan semangat bekerja.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri
via Giphy

Memang tidak mudah menyesuaikan diri dengan kebiasaan WFH. Oleh karena itu jangan langsung terlalu keras terhadap diri sendiri.

Ambil langkah perlahan-lahan sembari melakukan yang terbaik. Reward diri sendiri saat perlu, tapi jangan berlebihan.

Jangan habiskan waktu untuk terjebak dalam ‘sosial media’

Jangan habiskan waktu untuk terjebak dalam 'sosial media'
via Vanessa Kingson

Bekerja di rumah memang jauh dari pengawasan atasan, itulah yang membuat sebagian orang melonggarkan disiplin. Salah satu yang paling serind dilakukan adalah menghabiskan waktu untuk bersosial media.

Dalam waktu yang tidak berlebihan, sosial media akan bermanfaat. Namun sebagian besar orang jadi gagal konsen dan menghabiskan waktu terlalu lama pada media sosial.

Jadi pastikan Lo tidak terjebak ‘siklus‘ media sosial agar tetap produktif.

Semoga do’s and don’ts kali ini dapat membantu Lo untuk mematahkan stigma WFH bikin gak produktif. Salah satu tips penting lainnya adalah belajar mensyukuri apapun pekerjaan Lo, mengingat tidak sedikit mereka yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi.

Jadi semalas apapun lo, cobalah untuk tetap bertanggung jawab!

Other do’s and don’ts :
close

WFH Bikin Gak Produktif, Coba Ikutin Do’s and Don’ts Ini!

Search
close