Makan Sushi yang Benar Ternyata Begini Caranya! Baru Tau?

Makan Sushi yang Benar Ternyata Begini Caranya! Baru Tau?
access_time 3 minggu yang lalu

Do’s and Don’ts saat menikmati sushi di restoran favorit,

Makan sushi selama beberapa tahun terakhir seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyakarat Indonesia pada umumnya.

Hal itu juga dapat terlihat dari banyaknya restoran “Jepang” yang menjajakan sushi sebagai menu andalan mereka. Mulai dari brandbrand papan atas sampai dengan home industry pada aplikasi ojol (ojek online).

Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang menyantap sushi dengan cara yang salah alias berbeda dengan cara menyantap masyarakat Jepang.

Pada kenyataanya, kesalahaan tersbeut memang tidak merugikan siapapun, namun tidak ada salahnya untuk mulai mencoba menyantap sushi dengan cara yang benar!

Siapa tahu bisa makin terasa enaknya dan pengalaman bersantap juga semakin maksimal.


Don’ts saat makan sushi

Seperti dilansir oleh Insider, Chef Nobuyuki “Nobu” Matsuhisa menuturkan bahwa umumnya ada tiga kesalahan utama saat seseorang menyantap sushi dan harusnya tidak dilakukan.

1. Mencampur wasabi dengan saus soyu

Mencampur wasabi dengan saus soyu
via Travel Pockets

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan yang satu ini kerap kali dilakukan oleh para penikmat sushi. Khususnya mereka yang selalu menggunakan wasabi.

Bahkan kesalahan serupa bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan di Amerika juga. “Waktu saya tiba di Amerika Serikat, banyak orang menambahkan wasabi ke saus soyu. Itu tidaklah tepat,” tuturnya.

Selain wasabi, banyak orang yang juga kerap kali  mencampurkan togarashi (bubuk cabai) secara berlebihan. Hal itu sebaiknya juga tidak dilakukan.

2. Menyemplungkan bagian nasi pada nigiri ke saus soyu

Image result for dipping sushi in soy sauce gif
Menyemplungkan bagian nasi pada nigiri ke saus soyu

Kesalahan berikut yang sebaiknya juga tidak dilakukan adalah menyempungkan nasi pada nigiri ke saus soyu. Selain dapat merusak rasa, hal ini juga dapat membuat nasi menjadi berantakan dan terpisah dari si irisan daging ikan pada sushi.

Nasi akan menjadi terlalu asin karena soyu yang meresap. Soyu memiliki banyak sodium, jika terlalu banyak akan menjadi tidak baik,” pungkas Matsuhisa.

Additional tips :
  • Saat bersantap di sushi bar, sebaiknya hindari interaksi dengan chef. Karena dapat mengganggu konsentrasinya saat sedang bekerja.

Do’s while eating your sushi

Setelah mengetahui hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan, sekarang waktunya membahas bagaimana cara menyantap sushi dengan cara yang benar.

1. Selain menggunakan sumpit, ada baiknya menyantap sushi dengan tangan

Selain menggunakan sumpit, ada baiknya menyantap sushi dengan tangan
via Tenor

Jika lo menggunakan sumpit, pastikan bagian nasi dari nigiri tidak terkena dengan saus soyu. Jika sulit, tidak ada salahnya untuk menggunakan tangan Lo seperti di bawah ini.

Selain menggunakan sumpit, ada baiknya menyantap sushi dengan tangan
via Complete Howtoes WikiesL

2. Gunakan jahe sebagai palate cleanser setelah menyantap sebuah sushi

Banyak orang yang salah kaprah dan memakan jahe layaknya cemilan. Ternyata jahe tersebut disediakan oleh restoran sebagai cara untuk membersihkan palete lidah seseorang usai menyantap sushi.

Gunakan jahe sebagai palate cleanser setelah menyantap sebuah sushi
via Imgur

Contohnya setelah menyatap salmon nigiri dan akan menyantap maguro nigiri, ada baiknya Lo terlebih dahulu memakan jahe. Alasannya adalah biar lidah lo kembali ‘ter-reset‘ dan dapat membedakan rasa kedua jenis ikan tersebut.

Jahe ini seringkali disebut sebagai “Gari” dan umumnya tersedia pada kotak berwarna merah atau hitam bersama dengan soyu saus dan togarashi.

Belum mudeng, langsung tonton beberapa video cara menyantap sushi yang benar berikut ini ;

Nah kalau Lo masih belum mudeng dan bingung, langsung aja tonton video “The Right Way to Eat Sushi” yang menampilkan Chef Nobuyuki “Nobu” Matsuhisa.

Atau bisa juga video serupa yang pernah diunggah oleh “Munchies” bertajuk “How to Eat Sushi: You’ve Been Doing it Wrong

Semoga do’s and don’ts kali ini bisa membantu Lo semua untuk menyantap sushi dengan cara yang benar. Selamat mencoba!

 

 

close

Makan Sushi yang Benar Ternyata Begini Caranya! Baru Tau?

Search
close