Warren Buffett Orang Terkaya ke-6, Gabung Klub $100 Miliar

Buffett, Musk, Bezos
access_time 1 bulan yang lalu

Warren Buffett akhirnya gabung sama klub eksklusif US$100 miliar jajaran orang-orang terkaya dunia yang isinya Elon Musk, Jeff Bezos, dan Bill Gates.

Pria berumur 90 tahun ini adalah bos dari firma investasi Berkshire Hathaway yang sahamnya naik ke rekor tahun ini. Rabu kemarin, kekayaannya naik hingga melebihi US$100 miliar (atau setara Rp1.440 triliun) untuk pertama kalinya

Warren Buffett jadi orang terkaya keenam dunia gara-gara sahamnya melonjak

Warren Buffett
via Getty Images/Paul Morigi

Sebelum ini, Buffett berada di posisi ketujuh, setelah Zhong Shanshan yang merupakan orang kaya dunia asal China pemilik Nongfu Spring. Tapi, sekarang ia sudah menyalip Shanshan dan jumlah hartanya ‘mepet’ dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Dalam catatan Bloomberg, harta Buffett melonjak awal tahun ini. Hal ini terjadi karena nilai saham dan asuransinya naik drastis. Salah satunya gara-gara kepemilikan Buffett di saham Berkshire Hathaway.

Saham Berkshire naik karena pembelian saham mereka yang mendatangkan cuan. Perluasan minatnya pada bidang energi, telekomunikasi, dan media ditunjukkan dengan pembelian saham Chevron dan Verizon. Benar saja, saham Chevron naik 31 persen gara-gara harga minyak yang pulih dari ancaman pandemi.

Buffett telah melakukan banyak sumbangan amal

Warren Buffett and his philanthropy
Image source: Youtube-Warren Buffett documentary

Selain sebutannya sebagai investor paling sukses dunia, Buffett sudah menyisihkan miliaran dolar hartanya untuk amal. Walaupun sudah beberapa dekade menyandang gelar salah satu orang terkaya, baru-baru ini saja kekayaannya mencapai US$100 miliar.

Melansir BBC, salah satu alasannya adalah sumbangannya untuk donasi yang jumlahnya begitu besar. Ia telah memberikan lebih dari US$37 miliar Berkshire Hathaway sejak 2006. Selain itu, ia juga seorang co-founder Giving Pledge, sebuah kampanye untuk mendukung para miliarder filantropis.

Faktanya, Mackenzie Scott (mantan istri CEO Amazon) juga bergabung ke kampanye ini dan sudah memberi lebih dari US$4 miliar hartanya empat bulan terakhir tahun lalu.

Urutan orang-orang terkaya dunia menurut Forbes

Real Time Billionaires Jef Bezos
via Forbes

Sementara itu, bursa orang kaya dunia, CEO Amazon Jeff Bezos masih menduduki posisi puncak dengan kekayaan senilai US$180 miliar. Lalu, CEO Tesla Elon Musk mengikuti pada posisi kedua dengan kekayaan  US$173 miliar.

Sisanya, bos Microsoft Bill Gates dengan US$138 miliarnya, kemudian ada bos LVMH Bernard Arnault dengan harta senilai US$122 miliar. Lalu, pada posisi kelima ada bos Facebook Mark Zuckerberg dengan kekayaan senilai US$101 miliar.

Wah banyak banget ya.. itu uang apa nomor telepon? 💰💰💰

close

Warren Buffett Orang Terkaya ke-6, Gabung Klub $100 Miliar

Search
close