Warga Amerika Serikat Dapat Kiriman Paket “Misterius”, Apa Isinya?

access_time 12 bulan yang lalu

Dapat kiriman paket misterius, warga Amerika diimbau untuk segera melaporkan ke Departemen Pertanian

Baru-baru ini beberapa warga negara bagian Amerika Serikat dibikin heboh dengan kiriman sebuah “paket misterius“. Setelah dibuka, paket tersebut berisi benih yang diketahui dikirim dari China.

Menurut laporan Departemen Pertanian AS pada Selasa, 28 Juli 2020, setidaknya ada 27 negara bagian yang melaporkan kasus pengiriman benih misterius dari China tersebut . Mereka pun meminta bagi setiap warganya yang mendapatkan benih itu langsung membuat laporan.

Dugaan Tanaman Invasif

Benih-benih tersebut pun belum diidentifikasi dan diteliti sampai saat ini. Makanya otoritas setempat melarang warganya untuk menanamkan benih tersebut karena diduga sebagai spesies tanaman invasif.

Tanaman invasif sendiri merupakan tanaman yang memperoleh keuntungan kompetitif. Tanaman tersebut sangat mungkin bisa menyebar dengan cepat untuk mendominasi daerah baru dalam ekosistem.

Kami berharap agar warga membiarkan benih agar tetap dalam kemasannya, termasuk label pengiriman, sampai seseorang dari departemen pertanian atau APHIS (Animal and Plant Health Inspection Service) menghubungi dan memberikan instruksi selanjutnya,” kata Departemen Pertanian AS dikutip dari Science Alert.

Diduga “Brushing Scam”

via Alabama Department of Agriculture

Jika Departemen Pertanian AS menduga benih ini adalah tanaman invasif, ada pula yang menduga paket ini adalah penipuan berkedok brushing scam.

Brushing scam sendiri merupakan teknik penipuan yang digunakan penjual untuk meningkatkan rating tokonya di e-commerce dengan membuat pesanan palsu.

via Whitehouse Police Department

Namun Komisaris Pertanian Texas, Sid Miller tetap menduga bahwa benih tersebut merupakan benih dari tanaman invasif.

Spesies tanaman invasif mungkin tidak terdengar mengancam, tetapi mereka bisa menghancurkan pertanian di Texas,” kata Sid dikutip dari Science Alert.

_

Sampai saat ini, belum jelas siapa pengirim paket misterius tersebut dan alasan kenapa mereka mendistribusikan benih tersebut ke beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Yang pasti, warga yang telah mendapatkan kiriman benih tersebut diimbau untuk tidak segera menanamkannya.

Gimana menurut lo?

close

Warga Amerika Serikat Dapat Kiriman Paket “Misterius”, Apa Isinya?

Search
close