Paket Misterius Bikin Heboh Bandara Sydney, Isinya Mengecewakan!

access_time 1 tahun yang lalu

Dianggap misterius dan berbahaya, paket ini ternyata hanya hal sepele

Sebelum masa pandemi seperti ini, setiap bandara pastinya akan memberlakukan penjagaan dan pengawasan ketat baik calon penumpang, maupun barang yang dibawanya. Apalagi saat new normal seperti ini, ditambah protokol kesehatan yang harus dilalui pasti akan semakin ketat.

Maskapai Kembali Beroperasi, Angkasa Pura Aktifkan Posko Penjagaan ...
via Tribunnews

Ketatnya penjagaan barang ini mungkin bisa jadi contoh dengan apa yang terjadi di Bandara Internasional Sydney. Sebuah paket mencurigakan berhasil menghebohkan tempat tersebut lantaran memicu bunyinya alarm darurat.

Sangat mencurigakan karena paket tersebut berisi serbuk warna putih.

Karena alarm tersebut telah berbunyi, staf bandara otomatis langsung memanggil pemadam kebakaran. Tak lama petugas pemadam kebakaran pun datang untuk memeriksa paket tersebut.

via Giphy

Dilansir dari Australian Aviation, petugas pemadam kebakaran diturunkan untuk memeriksa paket yang ada di Terminal Domestik Qantas Airways. Bahkan mereka pun sampai menggunakan hazmat.

Bagaimana tidak mencurigakan, kumpulan serbuk putih ini dimasukkan ke dalam paket berbentuk bulat seukuran bola golf.

Ternyata hanya deterjen

detergen
via Pixabay

Setelah diteliti, nampaknya upaya petugas pemadam kebakaran menggunakan peralatan lengkap pun sia-sia.

Ternyata, paket tersebut tidak berbahaya sama sekali karena hanya sebuah deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci baju.

Kenapa alarm darurat sampai berbunyi?

via Giphy

Setelah diketahui, ternyata serbuk deterjen memang dikenal sering memicu bunyinya alarm darurat di bandara.

Hal serupa juga pernah terjadi sebelumnya pada Juli 2019 lalu, sebuah paket misterius ditemukan di dalam pesawat kargo Qantas yang nyatanya hanyalah deterjen.

Unknown substance" triggers an emergency alarm at Sydney Airport
via WhatsNew2Day

Bahkan saat itu, polisi Australia sampai mengevakuasi semua penumpang yang akan berangkat ke Brisbane. Walaupun hanya deterjen, namun petugas kepolisian tetap mengevakuasi penumpang karena khawatir dengan keselamatan penumpang.

Meskipun begitu, ini menjadi bukti bahwa Polisi Federal Australia selalu melakukan tindakan penyelamatan sesuai prosedur yang ditentukan. Walaupun hanya deterjen sekali pun.

close

Paket Misterius Bikin Heboh Bandara Sydney, Isinya Mengecewakan!

Search
close