Viral, Sushi ‘Glow In The Dark’! Apa yang Bikin Nyala?

Viral, Sushi 'Glow In The Dark'! Apa yang Bikin Nyala?
access_time 12 bulan yang lalu

Heboh di Twitter, temuan sushi menyala dalam gelap alias glow in the dark

Siapa tidak kenal atau familiar dengan sushi, makanan khas Jepang berupa nasih yang digulung dengan rumput laut dan biasanya ditengahnya ada isian seafood. Selain itu ada juga nigiri di mana nasi dibentuk lonjong lalu pada bagian atas diberikan potongan ikan seperti tuna/salmon atau bahkan udang dan tamago.

Tapi apa jadinya kalau tiba-tiba seafood di atas nasi sushi milik Lo ternyata bisa menyala dalam gelap alias glow in the dark?

Seorang netizen asal negri gajah alias Thailand dengan nama pengguna Twitter @kannbamm mengunggah beberapa foto pada 27 Juli 2020 lalu dan memperlihatkan kalau salah satu sushi miliknya bida menyala dalam gelap.

Anehnya jika memang sushi tersebut dijual dalam konsep ‘glow in the dark‘ maka pastinya semua akan menyala, tapi dari 2 pack yang dia beli, hanya ada 2 nigiri sushi ebi (udang) yang menyala

Cuitan tersebut kemudian menjadi viral dan sudah dibagikan ulang lebih dari 6 ribu kali, sebagian besar netizen pun bertanya-tanya bagaimana sushi tersebut bisa menyala dalam gelap?

Baca juga : Tuang Kentang Goreng ke Nampan Dilarang, Ini Alasannya!

Ini alasan kenapa sushi bisa ‘menyala’ alias glow in the dark

Seperti di lansir dari Asia One (29 Juli), salah satu ilmuwan Thailand lewat akun Facebook miliknya menjelaskan secara detail alasan soal fenomena sushi menyala.

“อาหารทะเล เรืองแสงได้ เพราะอะไร?” เช้านี้มีหลายคนส่งรูปซูชิหน้ากุ้งดิบ ว่าไปเจอที่มันเรืองแสงได้เองในที่มืด…

Posted by Jessada Denduangboripant on Monday, July 27, 2020

Jessada Denduangboripant dari Chulalongkorn University menjelaskan ada 3 kemungkinan kenapa sushi bertoping udang tersebut dapat bersinar. Pertama karena adanya bakteri yang dapat menghasilkan cahaya seperti bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa, Pseudononas fluorescens, dan Vibrio fischeri, di mana bakteri tersebut akan bersinar saat masih hidup dan kemudian mati saat terkena panas.

Kemungkinan kedua adalah udang tersebut sempat memakan plakton, rumput laut, dinoflagellate atau bakteria yang memang menyala di dalam air dan yang terakhir adalah bahan campuran sushi tersebut mungkin saja menggunakan zat lain seperti hydrogen peroxide atau sodium hydrose.

Perihal soal aman atau tidaknya mengkonsumi temuan tersebut, dirinya menganjurkan untuk sebaiknya tidak mengambil resiko untuk memakan sushi menyala itu. Menariknya ini bukan pertama kali ditemukan sushi glow in the dark, karena sebelum di Amerika sempat ada restoran yang menjual sushi serupa.

Baca juga : Ramen Pizza Jadi Menu Terbaru Pizza Hut, Bagimana Rasanya?

Source : Detik

Wah siapa yang berani menyantapnya, kalau gua sih mending buang aja deh tuh sushi, dibanding mules-mules 🙂

 

 

close

Viral, Sushi ‘Glow In The Dark’! Apa yang Bikin Nyala?

Search
close