Viral of the Week: Pangeran Philip Meninggal, Sampai Silicon Valley Versi Indonesia

Viral of The Week
access_time 3 bulan yang lalu

Seminggu terakhir ini, ada berbagia berita-berita yang heboh jadi perbincangan banyak orang. Mulai dari berita duka Pangeran Philip meninggal, hingga gempa di Malang yang menelan korban jiwa.

Berkaitan dengan bulan Ramadhan, Kementerian Agama umumkan syarat bukber, dan pemerintah beri aturan untuk perusahaan tentang pembayaran THR. Selain itu, berita viral minggu ini juga datang dari aksi netizen Indonesia terhadap pasangan gay yang menikah di Thailand hingga rencana pembangunan ‘Silicon Valley’ versi lokal.

This is Viral of The Week. Check it out!

Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II meninggal dunia

Pangeran Philip meninggal
Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh di ulang tahunnya ke-99, 10 Juni 2020 (Steve Parsons)

Jumat, 9 April 2021, pendamping seumur hidup Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia. Saat hari kepergiannya, ia sudah berusia 99 tahun dan menjadi pasangan hidup monarki terlama dalam sejarah Inggris.

Kemudian, di tengah pandemi ini, pihak kerajaan juga tidak menganjurkan masyarakat untuk menghadiri pemakaman. Sejalan dengan pembatasan sosial, mereka juga lebih menyarankan masyarakat untuk memberi sumbangan ke badan amal sebagai penghormatan terakhir, daripada memberi bunga ke kediaman kerajaan.

Selain Pangeran Philip meninggal, berita duka datang dari gempa di Malang yang telan korban jiwa

Selain pangeran philip meninggal, berita duka datang dari bencana gempa di Malang
BPBD Malang

Gempa Malang magnitudo 6,1 mengguncang wilayah selatan Kabupaten Malang pada hari Sabtu, 10 April 2021. Bencana ini terjadi berkali-kali dengan gempa susulan. Gempa pertama  terjadi pukul 14.00 WIB.

Selain menyebabkan kerusakan ratusan rumah dan bangunan lainnya, gempa ini juga menelan banyak korban jiwa.

Ramadhan tahun ini datang, ini syarat bukber dan ketentuan THR

Ramadhan Tiba! Boleh Bukber Asal Perhatikan Beberapa Syarat

Bulan Ramadhan memang selalu dihiasi dengan budaya bukber alias buka bersama. Makanya, di tengah pandemi, Kementerian Agama memberi sejumlah aturan untuk melancarkan ‘bukber’ ini. Mulai dari wilayah mana yang boleh mengadakan bukber, sampai batas kapasitas ruangan, berita lengkapnya bisa cek di sini.

Selain itu, hanya masjid-masjid tertentu yang boleh menggelar pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri. Tentunya, masjid-masjid yang berada di zona kuning dan hijau.

Pegawai harus terima THR dari perusahaan lunas H-1

THR 2021 Wajib Dibayar Full H-1 Lebaran!
via CNBC Indonesia

Selain bukber, tunjangan hari raya (THR) pun harus punya aturan tersendiri, apalagi di masa pandemi kayak gini. Kabarnya, perusahaan harus bayar THR ke karyawannya secara full tanpa menyicil, dan maksimal H-1.

Pembayaran THR dari perusahaan kepada buruh maksimal H-7 hari raya. Namun, pengusaha yang tidak mampu membayar dalam batas waktu itu, wajib melunasi H-1 lebaran.

Netizen Indonesia yang ancam pengantin gay Thailand minta maaf

Pengantin Gay Thailand Tempuh Jalur Hukum Usai Mendapat Ancaman Mati dari Netizen Indonesia!
via Facebook/Suriya Koedsang

Sepasang pengantin gay asal Thailand harus menempuh jalur hukum saat netizen Indonesia mulai beraksi dengan hujatan-hujatan jahatnya. Pasalnya, postingan Facebook mereka langsung banjir dengan komentar negatif dari orang-orang Indonesia yang bahkan tidak mengenal mereka.

Benar saja, gak sedikit dari mereka yang langsung ‘ciut’ saat mendengar ‘jalur hukum’. Untungnya, masih banyak orang Indonesia yang ‘waras’ akan hal ini dan meminta maaf sebesar-besarnya.

Duh, jangan malu-maluin Indonesia ke mata orang asing lagi!

Tiru ‘Silicon Valley’, Indonesia mau bangun ‘Bukin Algoritma’

Silicon Valley Indonesia 'Bukit Algoritma' Siap Dibangun, Berikut Fakta-Faktanya!
via Unsplash

Silicon Valley versi Indonesia bernama ‘Bukit Algoritma‘ kabarnya akan segera dibangun. Rencananya, bangunan ini akan berada di atas lahan seluas 888 hektare berlokasi di daerah Sukabumi.

Perkiraan biaya proyeknya mencapai angka Rp18 triliun. Walau begitu, ‘Silicon Valley Lokal’ ini bakal menjadi pusat penelitian dan pengembangan untuk Indonesia yang sedang gencar-gencarnya berinovasi.

That’s all for this week’s viral news. See you on the next Viral of the Week!

close

Viral of the Week: Pangeran Philip Meninggal, Sampai Silicon Valley Versi Indonesia

Search
close