Uang 75 Ribu Bisa “Nyanyi” Ternyata Bukan Keluaran BI, Terus?

Uang 75 Ribu Bisa "Nyanyi" Ternyata Bukan Keluaran BI, Terus?
access_time 1 tahun yang lalu

Saat discan, uang lembaran 75 ribu akan bisa mengeluarkan suara lagu Indonesia Raya

Belum lama ini uang khusus pecahan IDR 75 ribu menjadi topik viral, bukan karena hanya merupakan edisi khusus, melainkan salah satu fiturnya. Beberapa video menampilkan uang itu bisa mengeluarkan suara berupa lagu Indonesia Raya saat dipindai dengan smartphone sembari menggunakan aplikasi

Menanggapi hal itu, Onny Widjanarko selaku Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa aplikasi augmented reality (AR) itu bukan buatan Bank Indonesia. AR sendiri disebutkan tidak masuk dalam ciri uang rupiah yang diedarkan otoritas moneter.

Bank Indonesia akan lakukan penyelidikan

Bank Indonesia tidak membuat konten AR di UPK75 (Uang Peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI) ataupun di uang rupiah lainnya. AR tidak termasuk dalam ciri uang rupiah yang diedarkan Bank Indonesia,” ungkap Onny seperti dikutip dari Kumparan.com, Senin (28 September).

Beliau juga menuturkan bahwa teknologi AR dapat menggunakan objek apapun, termasuk uang, menjadi semacam coding untuk mengaktivasi video, teks atau audio yang dipasang pada aplikasi yang dibuat pengembang. “Bank Indonesia akan mempelajari lebih lanjut menyoal penggunaan AR di UPK75,” lanjutnya.

Uang rupiah dilindungi oleh UU, karenanya pengembang harus berhati-hati

via Grid.ID || Video menampilkan uang 75 ribu yang bisa mengeluarkan suara berupa lagu Indonesia Raya

Selain itu Onny juga mengingatkan masyarakat dan pengembang untuk berhati-hati dalam memperlakukan uang rupiah. Alasannya karena uang rupiah dilindungi oleh undang-undang, bilamana ada yang sengaja merusak, memotong atau merendahkan rupiah akan dikenakan denda. 

Namun kami ingatkan masyarakat atau pengembang untuk berhati-hati dalam memperlakukan uang rupiah. Karena uang rupiah dilindung oleh UU. Masyarakat dilarang untuk merusak atau merendahkan sesuai Pasal 25, merendahkan kehormatan rupiah sebagai simbol negara,” pungkasnya. Disebutkan oleh Onny untuk denda bisa mencapai IDR. 1 milliar dan hukuman penjara maksimal 5 tahun.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

Oh jadi yang bukan buatan BI itu aplikasi ARnya, duitnya tetep buatan BI kan? Bener gak sih pemahaman gua??

Suntuk di rumah aja? Nih coba playlist INI
 
 
 
 
close

Uang 75 Ribu Bisa “Nyanyi” Ternyata Bukan Keluaran BI, Terus?

Search
close