Tulisan Tangan Albert Einstein Terjual Miliaran Rupiah! Apa Tulisannya?

access_time 5 bulan yang lalu

Tulisan tangan Albert Einstein seharga Rp 17,25 Milliar dalam sebuah lelang

Ingat pelajaran fisika waktu masih sekolah yang menggunakan rumus? tulisan tangan asli milik ilmuwan, Albert Einstein, terjual melalui lelang pada sebuah gelaran rumah pelelangan RR Auction. Tepatnya pada Boston, Amerika Serikat (AS).

Tulisan ini tertuang dalam sebuah surat yang di dalamnya terdapat rumus persamaan kekekalan energi,  E = mc².

Secarik Tulisan Tangan Albert Einstein Dilelang Rp 17,25 Miliar, Apa Isinya? (1)
via Kumparan
Baca juga:  Vaksin AstraZeneca Dilarang Untuk Mereka yang Berusia 30 Tahun Ke Bawah, Apa Alasannya?

Cuma ada empat di dunia

Melansir dari BBC, dari kalangan kolektor menyebutkan cuma ada empat tulisan tangan asli dari Albert Einstein yang memuat rumus persamaan tersebut.

Cukup banyak peserta lelang yang perang harga untuk mendapat koleksi sangat langka ini. Soalnya surat bertuliskan tangan yang terjual pada lelang ini adalah yang keempat, atau yang terakhir yang masih beredar pada publik. Sisa tiga lainnya udah ada pada tangan para kolektor.

Gak heran, surat yang ditulis oleh Albert Einstein ini terjual seharga USD 1,2 juta atau Rp 17,25 miliar. Selain itu, harga yang cukup fantastis ini melambung tiga kali lipat lebih tinggi dari awal perkiraan.

“Harga tersebut tiga kali lipat dari perkiraan semula,” kata rumah lelang RR.

Hingga penawarannya melampaui USD 700 ribu atau jauh dari perkiraan harga awal, tinggal dua peserta lelang dengan persaingan sengit.

Meski begitu, rumah lelah RR gak membuka identitas siapa yang memenangkan surat tulisan langka ini. Mereka cuma menyebutnya sebagai pengumpul dokumen anonim.

Surat penting pada ilmu fisika

Awalnya, rumah lelang RR memperkirakan surat bertulis tangan tinta asli Einstein ini akan terjual pada harga USD 400 ribu. “Ini adalah surat penting dari sudut pandang holografik dan fisika,” ujar Executive Vice President RR Auction, Bobby Livingston.

Surat yang Einstein tulis ini berjumlah satu lembar dalam bahasa Jerman. Dalam surat tersebut, ia menulis jawaban untuk fisikawan Polandia berkewarganegaraan AS, Ludwik Silberstein. Silbrstein adalah seorang kritikus terkenal dan penantang beberapa teori Einstein.

“Pertanyaan Anda bisa dijawab degan rumus E = mc², tanpa pengetahuan apa pun,” tulis Einstein dalam surat tertanggal 26 Oktober 1946 itu.
Pada zaman itu, surat ini Einstein tulis pada kertas dengan kop surat universitas Princeton. Pemilik awal surat tulisan tangan Einstein ini adalah keturunan Silberstein, koleksi milik pribadinya.
close

Tulisan Tangan Albert Einstein Terjual Miliaran Rupiah! Apa Tulisannya?

Search
close