Vaksin AstraZeneca Dilarang Untuk Mereka yang Berusia 30 Tahun Ke Bawah, Apa Alasannya?

Vaksin AstraZeneca Dilarang Untuk Mereka yang Berusia 30 Tahun Ke Bawah, Apa Alasannya?
access_time 5 bulan yang lalu

Vaksin AstraZeneca dilarang untuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun! Adapun himbauan larang tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubari Djoeban.

Lewat akun Twitternya, pada Jumat (21 Mei), ia menjawab pertanyaan mengenai usia penerima vaksinasi AstraZeneca.

“Apakah boleh untuk orang di bawah 30 tahun? Saya jawab. tidak boleh,” tutur Prof. Zubairi dalam cuitannya.

Ini alasan kenapa vaksin AstraZeneca dilarang untuk mereka yang berusia 30 tahun ke bawah

Lebih lanjutnya, dia menjeleskan alasan larangan itu lantaran berkaitan dengan beberapa kejadian di Inggris yang mengaikatkan dengan pembekuan darah. “Ada 79 kasus dari 20 juta dosis vaksin, 19 di antaranya meninggal,” imbuhnya dalam cuitan tersebut.

Terkait hal itu, dia menjelaskan, bahwa sejak April lalu, Inggris hanya memberikan vaksin itu untuk orang yang berusia di atas 30 tahun. Sementara, bagi yang di bawah itu, pemerintah memberikan alternatif penggunaan vaksin jenis lain.

“Sara saya, kita ikuti rekomendasi Inggris untu tidak memberikan AZ kepada orang di bawah 30 tahun. Kita tentukan kriteria untuk vaksin berdasarkan bukti ilmiah yang adak. Untuk usia berapa dan mitigasinya. Agar jelas,” kata Prof. Zubairi.

Meski demikian, Prof. Zubairi menyebut bahwa vaksin AstraZeneca sebenarnya memberi lebih banyak maanfaat daripada risiko. Hanya saja sebaiknya tidak untuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun.

Begini hasil riset vaksin tersebut

Melansir Kompas.com, Pada April 2021, regulator Inggris megatur bahwa orang berusia di bawah 30 tahun diberi vaksin lain karena adanya risiko penggumplan darah.

Namun pada awal Mei, Komite Bersama Vaksin dan Imuniasi (JCVI) Inggris memperbarui panduan tersebut. Panduan itu diubah setelah ditemukan kasus pembekuan darah pada orang berusia 30-39 tahun ternyata juga berisiko mengalami penggumpalan darah parah, meski jarang.

Vaksin AstraZeneca Dilarang Untuk Mereka yang Berusia 30 Tahun Ke Bawah, Apa Alasannya?
via The Atlantic

Oleh karena itu, Inggris hanya memberikan vaksin tersebut kepada mereka yang berusia di atas 40 tahun. “Berdasarkan saran kami sebelumnya, kami sekarang menyarankan bahwa orang dewasa berusia 30-39 tahun yang belum divaksinasi dan tidak memiliki kondisi kesehatan mendasar yang membuat mereka berisiko lebih tinggi terkena Covid-19, Sebaiknya ditawarkan alternativ vaksin,” tutur ketua JCVI, Profesor Wei Shen Lin.

Siapa yang berusia di bawah 30 tahun dan sudah di vaksin AZ?

close

Vaksin AstraZeneca Dilarang Untuk Mereka yang Berusia 30 Tahun Ke Bawah, Apa Alasannya?

Search
close