Tulisan Rumus Albert Einstein “E=mc2” Terjual Rp 17 Miliar!

access_time 1 bulan yang lalu

Fisikawan, Albert Einstein adalah orang yang menemukan rumus kesetaraan energi “E=mc2“. Biasanya mereka yang di sekolah mengambil jurusan IPA pasti akan bertemu dengan perhitungan ini.

Namun, pernahkah kalian melihat tulisan tangan Einstein saat menemukan rumus ini? Kabarnya tulisan tangan tersebut kini telah terjual dengan harga fantastis.

Rumus Populer “E=mc2” Dilelang

Tulisan Rumus Albert Einstein

Mungkin kita sudah sering menemukan tulisan rumus “E=mc2“, baik itu di buku pelajaran atau di gambar-gambar yang beredar di internet. Namun pastinya kita belum pernah melihat tulisan asli dari Einstein saat membuat perhitungan kesetaraan energi ini.

Menurut Institut Teknologi California dan Universitas Ibrani Yerusalem, tulisan tangan Einstein ini sangat langka. Bahkan di dunia hanya ada empat contoh tulisan tangan asli untuk persamaan tersebut.

Read more:

Tiga contoh di antaranya adalah hologram yang disimpan di Universitas Ibrani Yerusalem.

Mengutip Newsy Today, tulisan tangan asli keempat dari Albert Einstein ini baru saja dilelang seharga USD 1,2 juta atau setara Rp 17 miliar melalui rumah lelang RR Auction yang berbasis di Boston.

Fakta tentang Tulisan Tangan Albert Einstein

Tulisan Rumus Albert Einstein

Tulisan tangan yang telah berhasil dilelang ini menggunakan bahasa Jerman yang dimasukkan ke dalam surat oleh Einstein pada tahun 1946 silam. Tulisan tersebut diberikan kepada Ludwik Silberstein, seorang fisikawan asal Amerika-Polandia.

Dalam surat tersebut, Einstein memaparkan perhitungan perbedaan massa antara sistem dua massa yang sama (M) dan jaraknya tak terbatas. Kemudian ia melanjutkannya dengan persamaan, menghitung dua massa yang sama pada jarak tertentu (R) terpisah dan mengorbit pusat massa.

Meski terdengar rumit, perhitungan itu dapat dijawab dengan rumusnya yang populer, yaitu “E=mc2”

Silberstein yang menerima surat itu dari Einstein pun menyimpannya dalam arsipnya.

RR Auction pun menganggap dokumen ini adalah surat penting dari sejarah fisika. Mereka pun mengharapkan dokumen ini dapat tersimpan dengan baik supaya dapat dinikmati generasi selanjutnya.

_

Anak IPA mana suaranya?

close

Tulisan Rumus Albert Einstein “E=mc2” Terjual Rp 17 Miliar!

Search
close