🛬7 Tragedi Pesawat Jatuh yang Paling Mengerikan

pesawat jatuh
access_time 3 minggu yang lalu

Berita mengenai pesawat jatuh memang memberikan kesedihan bagi siapa saja. Sebab kemungkinan besar semua orang yang ada di dalamnya tidak ada yang selamat. Apalagi jika kecelakaan tersebut terjadi di tempat yang susah dijangkau, seperti laut maupun gunung. Dari sini, artikel akan membahas mengenai beberapa tragedi kecelakaan pesawat yang paling mengerikan dari seluruh dunia. Berikut ulasannya. 

  • Pesawat jatuh – Malaysia Airlines MH17 

pesawat jatuh
Via: CNNIndonesia

Tragedi pertama dialami oleh Malaysia Airlines MH17 yang terjadi pada tahun 2014 silam. Di mana burung besi tersebut mengalami kecelakaan di Donetsk, Ukraina. Kecelakaan tersebut menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 198 orang. Dikabarkan bahwa, pesawat satu ini bisa terjatuh lantaran ditembak oleh militer setempat. Penembakan ini dapat terjadi karena Rusia yang sedang bersitegang dengan Ukraina. 

  • Pesawat jatuh – Garuda Indonesia 1997 

pesawat jatuh
Via: Liputan6

Kali ini dialami oleh maskapai dari Indonesia yaitu Garuda Indonesia. Pada tanggal 26 September 1997 silam, maskapai Garuda dengan nomor penerbangan GA 152 ini jatuh di kawasan Buah Nabar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tragedi satu ini telah menewaskan 234 orang di dalamnya. Pada saat kejadian, Kota Medan sedang dilanda kabut asap tebal yang disebabkan oleh pembakaran hutan setempat. 

  • Pesawat jatuh – Turkish Airlines Flight 981 

pesawat jatuh
Via: Aviation Accidents

Kemudian ada Turkish Airlines Flight 981 yang terjatuh di Hutan Ermenonville, Paris. Kejadian ini telah menewaskan 346 orang di dalamnya. Kecelakaan yang terjadi pada 3 Maret 1974 ini diawali dengan pintu kargo kiri yang tiba-tiba saja terlepas. Setelah ditelusuri, pintu kargo ternyata tidak dikencangkan, sehingga membuat dekompresi eksplosif pada kabin. Akibat lainnya adalah memutuskan kabel yang menghubungkan dek penerbangan dengan kemudi, elevator, dan dua mesin pesawat. 

  • Air Africa 

pesawat jatuh
Via: Alchetron

Kecelakaan pesawat jatuh lainnya yang tak kalah mengerikan dialami oleh maskapai Air Africa yang merupakan pesawat kargo. Burung besi ini dikabarkan lepas landas secara ilegal dan berani mengambil risiko dengan memasukkan barang dan penumpang lebih dari kapasitas seharusnya. Selain itu, sang pilot ternyata tidak memenuhi syarat untuk mengemudikan pesawat kargo. Kejadian ini mengakibatkan 350 orang tewas. 

  • Adam Air 2007 

Via: Tribun Kaltim

Dari Indonesia lainnya ada Adam Air 574 dengan rute penerbangan Jakarta – Surabaya – Manado. Peristiwa kelam ini terjadi pada 1 Januari 2007 dan menewaskan 102 orang di dalamnya. Sayangnya pesawat ini tidak ditemukan secara utuh, bahkan baru ditemukan kotak hitamnya saja pada 8 Agustus 2007 di Perairan Majene. Dari kotak hitam yang ditemukan, terungkap bahwa pesawat bisa terjatuh karena cuaca yang buruk, kerusakan pada alat navigasi, dan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat. 

  • American Airlines Flight 191 

Via: Wikipedia

Pada 25 Mei 1979, terdapat kecelakaan yang dialami oleh American Airlines Flight 191. Di mana tragedi mengenaskan ini terjadi karena mesin kirinya terlepas dari sayap sesaat setelah lepas landas. Pesawat itu pun langsung terjatuh dan terbakar hingga menewaskan 272 orang. 

  • Air India Flight 182 

Via: BBC

Pesawat Air India Flight dengan nomor penerbangan 182 mengalami kecelakaan pada tahun 1985. Tragedi ini terjadi karena ada bom yang diduga telah dipasang oleh anggota militan Sikh. akibat dari bom tersebut, pesawat terjatuh dan meledak di tepi Pantai Irlandia. 

Itulah beberapa tragedi pesawat jatuh yang paling mengerikan dari seluruh dunia. Ada yang disebabkan pintu kurang rapat sampai dengan terdapat bom di dalamnya. Namun dengan kejadian seperti ini, kamu tak perlu takut untuk naik pesawat, ya. 

close

🛬7 Tragedi Pesawat Jatuh yang Paling Mengerikan

Search
close