🗻 Misteri Gunung Tertinggi di Indonesia Tak Terpecahkan

By
access_time 2 minggu yang lalu

Siapa yang pernah menaklukkan para gunung tertinggi di Indonesia? Buat yang hobi mendaki, tentu daftar gunung ini menjadi impian.

Mendaki gunung bukan hanya sebuah hobi, tapi juga seperti menaklukkan diri sendiri. Perjalanan menyusuri gunung bisa menunjukkan watak asli seseorang. Dan konon, siapa pun yang pernah menanjak dan menuruni sebuah bukit ataupun gunung, ia bisa menjadi sosok yang berbeda.

Saat kita mendaki, perlu mengetahui aturan tak tertulis dan karakter dari masing-masing wilayah. Karena akan ada banyak hal baru yang akan kita pelajari saat menanjak, termasuk misteri di dalamnya. Sejumlah nama gunung tertinggi di negeri kita punya cerita-cerita mistis nan berkesan bagi mereka yang pernah ke sana.

Gunung tertinggi di Indonesia, Jayawijaya

Sumber: Bobo

Merupakan puncak nan eksotis di Indonesia, banyak sekali pendaki bahkan dari penjuru dunia ingin berada atas saljunya. Namun bila kemari, tak perlu terlalu ambisius dan perhatikan sikap kita. Menurut beberapa sumber, ada beberapa hal yang jangan kita lakukan saat kemari.

Di antaranya adalah jangan buang hajat karena warga sekitar menghormati gunung sebagai tempat yang suci. Selain itu, hindari bicara tentang hal yang seram karena bisa jadi hal itu malah terjadi pada kita saat berada di sana. Nasihat ini datang dari Suku Dhani.

Gunung Kerinci yang begitu ‘ramai’

Sumber: Swisbel Hotel

Sebagai puncak tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci begitu megah dan menantang. Namun, di sini adalah tempat yang sangat ‘ramai’ menurut pengakuan beberapa pendaki. Rumah bagi fauna harimau Sumatera yang tersisa ini memiliki beberapa spot yang tak boleh kita remehkan walaupun terdengar seperti mitos sekalipun.

Di antaranya adalah Pohon Bolong. Sebaiknya tidak camping di sini bila kita mendaki dalam grup kecil. Ada banyak cerita yang berkembang mengenai lokasi ini. Misalnya penunggu yang konon adalah nenek tua dan genderuwo. Meski logika kita tidak masuk, tapi hal tersebut tak berlaku bila sudah memasuki belantara Kerinci. Ada sebuah tugu Yuda yang ada di sana untuk memperingati hilangnya pendaki yang tak kunjung ketemu sejak 1990.

Gunung tertinggi di Indonesia seperti Dempo juga menyimpan pesan

Sumber: TripTrus

Bagi mereka yang pernah menyambangi gunung berselimut kesejukan kebun teh ini, tentu juga memahami ‘dingin’nya misteri di puncak tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir juga terdapat beberapa kabar pendaki yang hilang dengan kejanggalan. Namun, penunggu yang cukup ‘terkenal’ dari sana adalah manusia harimau. Bila kita tak mengganggu, maka ia pun tak akan mengusik.

Gunung ini juga konon menyimpan banyak peninggalan purbakala. Meski begitu, datanglah ke sana dengan hati dan pikiran yang bersih. Sebab jika macam-macam, hal yang buruk bisa saja terjadi. Oh iya, hal unik yang sering pendaki alami adalah saat kabut tebal datang. Dan apabila mereka mengumandangkan adzan, kabut tersebut mau menyingkir. Hal ini tak pernah terpecahkan kenapa bisa demikian.

Gunung Semeru dan kisah ajaibnya

Sumber: IDN Times

Gunung Semeru adalah yang tertinggi di Jawa. Merupakan salah satu lokasi yang hampir setiap elemennya indah-indah, namun juga tak bisa sembarangan kita lewati. Seperti Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, kawasan Kelik dan sebagainya.

Sebagai salah satu gunung dengan paling banyak pengunjung pendaki maupun non pendaki, ramainya kedatangan ini tak berarti menepis sisi ghoib gunung tersebut. Ada kisah pendaki yang pernah hampir meninggal karena hipotermia di sini dan sempat mengalami halusinasi. Namun menurut cerita yang beredar, ia selamat berkat pelukan sosok misterius.

Walaupun begitu banyak misteri yang menyelimuti tinggi dan tenangnya sebuah gunung, tak menciutkan nyali banyak pendaki untuk mendatanginya. Kisah-kisah yang merebak, anggap saja sebagai peringatan agar kita tetap santun dan sopan saat mendatangi kawasan tersebut. Karena bila berhadapan dengan alam, maka kita perlu menjadi lebih rendah hati.

 

close

🗻 Misteri Gunung Tertinggi di Indonesia Tak Terpecahkan

Search
close