Tips Agar Work From Home Lo ‘Kembali’ Efektif dan Efisien!

Tips Agar Work From Home Lo Efektif dan Efisien!
access_time 1 tahun yang lalu

Banyak gangguan saat Work From Home

Sepertinya saat ini sebagian besar orang menjalankan yang namanya Work From Home (WFH). Meskipun awalnya terasa menyenangkan karena dapat bekerja tanpa harus ke kantor tapi setelah hampir satu bulan, pastinya muncul banyak gangguan yang kemudian membuat Work From Home jadi tidak efektif. Nah artikel kali ini akan memberikan tips agar Work From Home lo kembali efektif.

Berdasarkan apa yang gua alami, salah satunya adalah kesulitan untuk bisa selesai kerja tepat waktu dan secara tidak langsung harus standby setiap saat. Selain itu, gua sendiri kesulitan untuk mendapatkan workspace yang pas, karena memang kamar gua tidak memilik meja kerja dan diperuntukan hanya untuk tidur. Akibatnya tidak jarang pinggang gua pegal dan leher jadi tegang ๐Ÿ™

Tips agar WFH kembali efektif

1. Jangan gunakan kamar tidur untuk bekerja

Meskipun mungkin sebagian besar orang tidak mempunyai ruang kerja atau ruang ekstra untuk dijadikan ruang kerja, salah satu tips paling dasar adalah menghindari kamar tidur untuk bekerja.

Kenapa?

Jangan bekerja di kamar tidur
via Giphy

Sesuai kodratnya, kamar merupakan tempat untuk beristirahat dan vibes yang ada di kamar pastinya akan membuat lo menjadi merasa malas. Gunakan kamar sebagai tempat untuk relaksasi sehabis bekerja, dan sebagai simbol penghargaan kepada tubuh setelah seharian bekerja .

Percaya atau tidak, dengan cara demikian tubuh bisa mengetahui kapan waktu untuk beristirahat, ย dan menghindarkan lo dari overthinking soal kerjaan pada saat lo masuk ke masuk ke dalam kamar tidur.

2. Buat dan lakukan aktifitas rutin

Kebiasan dan aktifitas rutin akan menjadi sebuah ritme di kehidupan sehari-hari. Hal tersebut akan sangat membantu lo untuk bisa melewati hari dengan penuh semangat.

lakukan aktifitas rutin
via Giphy

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah seperti merapikan tempat tidur, membereskan tempat yang akan digunakan untuk bekerja, membuka jendela untuk memungkinkan cahaya masuk serta mandi dan menggunakan pakaian nyaman layaknya akan pergi ke kantor. Jangan lupakan sarapan bernutrisi agar otak dapat berfungsi dengan baik.

3. Luangkan waktu untuk makan siang dan ‘me-time’

Memang sepertinya sulit memisahkan waktu makan siang saat harus bekerja di rumah, sering sekali makan siang justru dibarengi dengan menyelesaikan pekerjaan.

Ternyata hal tersebut kurang baing, dan menurut Lee Chambers seperti dikutip dari Huffington Post, dirinya menyarankan setiap orang yang bekerja dari rumah untuk menyisakan waktu setidaknya 15 menit untuk berisitirahat setelah bekerja sekitar 1 jam 30 menit.

Isitirahat 15 menit
via Giphy

Saat istirahat, gunakan waktu untuk melakukan hal lain yang yang digemari, sebut saja berjalan keluar rumah atau membaca buku. Dengan melakukan hal tersebut, tubuh terhindar dari perasaan burnout yang mungkin dirasakan saat tubuh dipaksa bekerja seharian.

4. Tutup dan matikan latop

Ini penting dan tidak boleh dilewatkan! Sering sekali laptop dibiarkan menyala dan hal tersebut ternyata berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Lee Chambers kembali menyarankan untuk mematikan laptop setelah usai bekerja, dan meletakannya di tempat yang tidak terlihat oleh mata, supaya tidak ada godaan lain untuk membalas email yang notifikasinya terus muncul di layar.

matikan dan tutup laptop
via Giphy

Digital sunset adalah istilah yang digunakan olehnya untuk menggambarkan bagaimana seseorang mematikan seluruh peralatan kerja, meninggalkannya dan pindah ke ruangan lain untuk merelaksasi diri.

5. Siapkan rencana lain setelah bekerja

Setelah menutup dan mematikan laptop, tinggalkan ruang tersebut sebagaimana lo meninggalkan kantor. Lee Chambers menyampaikan bahwa salah satu caranya adalah memutari kompleks dan kemudian kembali ke rumah.

tinggalkan rumah
via Giphy

Selama bekerja di rumah, sebagian orang kehilangan stimulus ‘komuter‘ yang biasa dilakukan saat bekerja secara normal. Cara tersebut juga dinilainya efektif untuk menarik sebuah batasan antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan di rumah.

Cara ini sudah gua terapkan, biasa setelah selesai bekerja, gua akan memiliki waktu 10 menit untuk berolahraga ringan, lalu mandi dan masuk ke kamar untuk menonton Netflix bareng istri atau mendengarkan musik.

Source : Huffington Post

Semoga 5 tips tadi bisa langsung lo coba besok yah ๐Ÿ™‚ , tetap semangat WORK FROM HOME!

close

Tips Agar Work From Home Lo ‘Kembali’ Efektif dan Efisien!

Search
close