‘The Album’ Blackpink, Album K-Pop Ter-Awet di Billboard!

Blackpink
access_time 5 bulan yang lalu

Jauh sebelum mereka merilis debut full-lengthThe Album‘, Blackpink berhasil menjadi girl group Korea Selatan yang paling sukses di Amerika.

Sebelumnya, beberapa aksi solo dan boy band sudah merajalela dan berhasil dengan album besarnya selama bertahun-tahun. Namun, hingga baru-baru ini saja girl group bisa menaiki charts.

Untungnya, sekarang kesempatan untuk girl group memenangkan peringkat di Billboard mulai terbuka karena sejumlah nama besar.

The Late Late Show with James Corden, Blackpink.
via Getty Images

‘The Album’ Blackpink membuka peluang

Begitu Blackpink merilis ‘The Album‘ Oktober 2020 lalu, segalanya berubah. Blackpink bagaikan menulis sejarah baru dalam tangga lagu Billboard, dan terus melanjutkannya, bahkan hingga sekarang.

Billboard 200 chart menunjukkan peringkat 200 album yang paling banyak didengarkan di AS, dan diperbarui setiap minggunya.

‘The Album’, hingga saat ini berada di peringkat 122 (turun dari sebelumnya di peringkat 91). Namun, perlu diketahui juga kalau posisi ini adalah ke-20 kalinya mereka berada di daftar tersebut.

Sekarang album itu berdiri sebagai album kelima terlama-di-chart oleh band atau solois negara Korea Selatan.

Siapa yang mengambil posisi teratas?

BTS New Years Eve
via Getty Images

Empat album musisi Korea Selatan yang lebih ‘awet’ di Billboard 200 daripada ‘The Album’ Blackpink adalah album-album dari BTS.

Yak, empat-empatnya!

Love Yourself: Answer‘ oleh BTS terus muncul sebagai judul dari K-pop dengan jumlah frame tebanyak. Bayangkan saja, sekarang posisinya masih berada di antara peringkat 1-200, padahal sudah ada di chart sebanyak 98 kali!

Love Yourself: Answer | BTS Wiki | Fandom
via BTS Wiki

Masih dari BTS, album ‘Map of the Soul:7‘ sudah ‘nangkring’ di Billboard selama 52 minggu (alias setahun penuh)! Album ini adalah yang kedua terlama di Billboard oleh musisi Korea Selatan.

Selanjutnya, ada album ‘Love Yourself: Her‘ dan ‘Map of the Soul: Persona‘ yang tampil sebagai peringkat ketiga dan keempat. Keduanya udah mejeng di chart tersebut selama 44 dan 35 minggu.

Apakah ‘The Album’ oleh Blackpink bakal se-‘awet’ itu juga?

The Album Blackpink
via Soompi

Sebenarnya, susah untuk memprediksi apakah album ini bakal bisa bertahan di Billboard 200 untuk 15 minggu ke depan. Maksudnya, untuk menyaingi ‘Map of the Soul: Persona‘-nya BTS sebagai charting-album terlama keempat karya Korea Selatan.

Sejauh 20 minggu dari dirilisnya album ini sih performa mereka cukup baik. Jadi, gak impossible juga mereka bisa dapet peringkat 4. Yang pasti, semua itu tergantung para fans Blackpink!

Baca juga:

close

‘The Album’ Blackpink, Album K-Pop Ter-Awet di Billboard!

Search
close