Thanos Serang Indonesia, Bobol BIN dan 10 Kementerian RI

Thanos Serang Indonesia, Bobol BIN dan 10 Kementrian RI
access_time 7 hari yang lalu

Bukan Thanos yang ada di film Avengers sih…

Thanos serang Indonesia! Namun beda dengan versi komik Marvel, Thanos yang ini bukan alien, tapi private ransomware dari Mustang Panda Group, kelompok peretas asal Cina.

Kabar yang beredar, kelompok peretas asal Cina tersebut telah berhasil membobol 10 kementrian dan lembaga pemerintahan Indonesia, termasuk Badan Intelijen Negara (BIN).

Thanos Gif - GIFcen

Baca juga:

Targetkan negara-negara Asia Tenggara

Kabar ini terungkap lewat laporan organisasi non-profit Insikt Group yang fokus pada isu keamanan siber.

Dalam laporan mereka yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, Mustang Panda Group melakukan peretasan sejak bulan April lalu.

Peneliti Insikt Group juga dikabarkan telah memperingatkan pihak berwenang atas aksi ini pada bulan Juni dan Juli lalu. Sayangnya, peringatan tersebut tidak ditanggapi.

Perlu diketahui, Mustang Panda Group memang dikenal lewat upaya spionase Cina pada negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Thanos curi data password pengguna

Dengan Thanos, Mustang Panda Group bisa menyusup ke jaringan pemerintah Indonesia dan menerima data curian dari jaringan target seperti password pengguna.

Meski begitu, pakar keamanan siber CISSReC Pratama Persadha pun mengungkapkan bahwa isu ini belum terbukti dan bisa saja hanya jadi klaim sepihak.

Ia juga menyebut bahwa kondisi ini bisa jadi hal yang baik. Pasalnya momen ini bisa jadi trigger buat semua kementrian dan lembaga pemerintah Indonesia untuk mengecek sistem informasi dan jaringannya.

Kalau mereka sudah share bukti peretasannya seperti data dan biasanya upaya deface, baru bisa simpulkan memang benar terjadi peretasan. 10 kementeriannya yang mana juga masih belum jelas,” kata Pratama, dikutip dari CNN Indonesia.

close

Thanos Serang Indonesia, Bobol BIN dan 10 Kementerian RI

Search
close