🌿 9 Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Imun Tubuh

access_time 4 minggu yang lalu

Di tengah pandemi seperti ini, ada baiknya untuk tetap menjaga kondisi supaya terjaga kesehatannya. Seperti mengonsumsi vitamin, makanan kaya akan gizi, dan olahraga ringan. Nah, selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi ramuan dari tanaman herbal yang sudah terbukti manfaatnya. Untuk kamu yang berencana ingin menanam tumbuhan obat di pekarangan rumah, ada sejumlah rekomendasi tanaman peningkat daya imun. Berikut di antaranya. 

Meniran 

tanaman herbal
Via; Deltomed

Tumbuhan pertama ada Meniran yang sudah dijadikan sebagai obat tradisional di beberapa negara. Ini semua berkat kandungan bermanfaat di dalamnya, seperti tannin dan phyllantin. Keduanya berfungsi sebagai antimikroba, antioksidan, dan antidiabetes yang artinya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kunyit 

tanaman herbal
Via: Halodoc

Tanaman herbal lainnya yang terkenal di kalangan masyarakat adalah kunyit. Tumbuhan satu ini mempunyai kandungan berupa curcumin yang bersifat anti inflamasi dan imunomodulator (meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh). Menariknya lagi, curcumin juga bisa menghambat sitokin pro inflamasi yang dapat berdampak pada gangguan pernafasan. 

Jahe 

tanaman herbal
Via: KlikDokter

Selain kunyit, ada jahe yang juga bisa jadi rekomendasi untuk tanaman herbal di rumah. Bukan hanya untuk menghangatkan tubuh, empon-empon satu ini memiliki fungsi untuk menurunkan risiko infeksi serta menghambat pertumbuhan berbagai jenis virus dan bakteri. Ini berkat senyawa gingerol dan shogaol di jahe.

Temulawak 

tanaman herbal
Via: Merdeka

Ada juga temulawak dengan banyak senyawa bermanfaat di dalamnya. Salah satunya adalah kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin dan desmetoksikurkumin. Fungsinya sebagai antibakteri, antioksidan, dan menghilangkan nyeri. 

Lengkuas

tanaman herbal
Via: Alodokter

Selanjutnya ada lengkuas yang meningkatkan imun tubuh dengan senyawa glikosida kuersetin. Selain itu, lengkuas juga bisa menjaga daya tahan tubuh dengan aktivitas makrofag dan meningkatkan proliferasi sel limfosit T. 

Bawang putih 

tanaman herbal
Via: Kompas Health

Siapa sangka, kalau bawang putih ternyata juga bisa untuk menjaga imun tubuh. Itu berkat kandungan allium sativum yang ada di dalamnya. Caranya meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan cara meregulasi hormon. Ada juga zat bernama allicin yang bisa menghancurkan bakteri dan infeksi di dalam bawang putih. 

Daun kelor 

Via: Grid ID

Kemudian ada daun kelor yang dari dulu sudah terkenal sebagai tumbuhan obat. Ada banyak kandungan bermanfaat di dalamnya, antara lain  flavonoid, anthraquinone, dan vitamin C. Semuanya sangat efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga mencegah infeksi. 

Pegagan 

Via: Bola

Mungkin kamu pengguna skincare, pasti tak asing dengan tanaman bernama centella asiatica. Nah, dalam Bahasa Indonesia, tumbuhan ini disebut dengan pegagan. Yap, pegagan ternyata bisa digunakan untuk mempercepat perbaikan sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan glikosida triterpenoid serta asiaticoside

Mengkudu 

Via: Liputan6

Ada mengkudu yang ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun buruk rupa, buah ini mengandung senyawa scopoletin yang dapat memperlebar saluran pembuluh dan memperlancar peredaran darah. Lalu, buah ini juga mampu memproduksi sel limfosit yang berguna untuk kekebalan tubuh. 

Sejumlah tanaman herbal di atas bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Semuanya bisa dipakai untuk meningkatkan imun tubuh kok, sehingga kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Nah, selain di atas, kamu pernah coba tumbuhan obat apa? 

close

🌿 9 Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Search
close