Suara Dentuman Keras Terdengar di Jakarta, Ini Kata BMKG!

access_time 1 bulan yang lalu

Warga Jakarta kembali mendengar suara dentuman misterius.

Untuk kedua kalinya di tahun ini, warga Jakarta mendengar suara dentuman misterius yang tidak tahu dari mana asalnya. Sebelumnya juga pernah terjadi pada April 2020 lalu, terdengar beberapa kali suara dentuman yang menakutkan warga.

Kali ini terjadi pada Minggu, 20 September 2020 malam hari, khususnya untuk mereka yang tinggal di Jakarta Selatan. Kira-kira, dari mana ya asalnya dentuman misterius ini?

Dentuman Misterius di Jakarta

suara
via Tempo.co

Dentuman misterius ternyata tidak semua wilayah Jakarta mendengarnya. Warga yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur lah yang paling mendengarnya.

Banyak asumsi dari warga yang berusaha menebak dan mencari tahu dari mana asal dentuman kencang tersebut. Ada yang mengira berasal dari proyek LRT, ada juga yang mengiranya karena gempa bumi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa dengan kedalaman sangat dangkal memang dapat menimbulkan suara dentuman. Namun berdasarkan data seismik mereka di Jakarta, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas gempa tektonik.

Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” kata pihak BMKG dikutip dari Kompas.

Diduga Berasal dari Suara Petir?

suara
via Media Indonesia

Alih-alih aktivitas gempa, diduga dentuman misterius ini berasal dari petir. Hal ini karena hasil monitoring petir BMKG dengan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di Gunung Salak, Bogor pada pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

BMKG menduga dentuman yang terdengar sebanyak dua kali itu menyebabkan terjadinya efek getaran dari aktivitas petir.

Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir,” lanjut  pihak BMKG.

_

Siapa yang semalam dengar suara dentuman misterius?

close

Suara Dentuman Keras Terdengar di Jakarta, Ini Kata BMKG!

Search
close